Ingin Budidaya Mentimun Cepat Panen, Begini Tipsnya Mudah Dilakukan

oleh -67 views
cucumbers-3535428__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal mentimun, mentimun tersebut merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam golongan suku labu-labuan. Sayuran ini dikenal dengan kandungan gizi yang banyak jika dikonsumsi.

Dengan demikian, banyak dari kalangan masyarakat yang ingin membudidayakan mentimun tersebut. Namun, dalam budidaya tentunya membutuhkan proses dan waktu cenderung lama untuk masa panennya. Tapi, dengan tips ini budidaya mentimun dapat dipercayai bikin cepat panen, adapun tips tersebut yaitu.

Pilih Waktu Terbaik Menanam

Dalam menanam mentimun, biasanya dapat ditentukan pada waktu musim kemarau. Pada musim tersebut kondisi cuaca sangat bagus dan tanahnya pun sangat subur, sehingga baik untuk menanam mentimun terlebih lagi dalam budidayanya.

Baca Juga :   Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Mata

Pilih Bibit Berkualitas

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat panen, pilih bibit berkualitas. Biasanya bibit berkualitas dapat ditandai dengan warnanya yang cenderung hijau terang, adapun varietas bibit berkualitas mempunyai kelebihan masing-masing. Selain itu, dalam melakukan pembibitan gunakanlah pupuk kompos untuk merangsang bibit tersebut tumbuh dan cepat panen.

Lakukan Perawatan Baik Dan Teratur

Mentimun tersebut merupakan tanaman yang horizontal, atau bisa dikenal dengan tanaman yang dalam perawatan secara khusus. Adapun perawatan khusus tersebut dengan melakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur. Selain itu, jagalah agar terhindar dari serangan hama yang akan mengganggu produktifitas tanaman mentimun. Biasanya penyiraman dan pemupukan dari mentimun dapat dilakukan maksimal 3 kali sehari untuk penyiramannya, sedangkan untuk pemupukannya lakukan 2 kali dalam sebulan. Hal ini dilakukan agar tanaman maksimal dan cepat panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.