Bekicot, Hama Tanaman Juga Sumber Pangan Dengan Protein Lengkap

oleh -230 views
large-snail-crawls-stick-blurred-background_323960-308
Foto : Freepik

Panennews.com – Bekicot merupakan salah satu hewan bertubuh lunak yang tidak mempunyai susunan tulang belakang. Biasanya hewan jenis ini sering disebut dengan golongan hewan moluska.

Hewan tersebut mempunyai nama Ilmiah Achatina Fulica ini masih tergolong dalam suku Achatinadae. Penyebaran bekicot ini hampir ditemukan pada berbagai belahan dunia namun sifatnya parasit.

Secara morfologi, tubuh bekicot terdiri dari kepala yang dilindungi dan dilengkapi dari cangkang, kaki, dan perut. Kepalanya memiliki sepasang tantakel yang dilengkapi dengan mata pada ujungnya, sedangkan cangkangnya berukuran cenderung besar berwarna coklat dan mempunyai pola garis abstrak yang terdapat pada setiap spesiesnya bekicot tersebut.

Baca Juga :   Badan Pangan Nasional Dorong Percepatan Pasokan Daging Jelang Idul Fitri

Selain itu, bekicot ini pun mempunyai panjang yang berkisar antara 20 cm dengan berat rata-ratanya dapat mencapai kisaran antara 32 gram. Adapun bekicot ini dapat bernafas menggunakan paru-paru yang umurnya dapat bertahan lama yang berkisar antara 10 tahun dengan rata-ratanya mencapai 7 – 8 tahun masa tuanya.

Sementara itu, bekicot ini dapat berkembang biak dan berhabitat pada tanaman-tanaman, sehingga dinilai menjadi hama oleh sebagian masyarakat pada umumnya. Karena bekicot yang berhabitat pada tanaman dapat menyebabkan tanaman tersebut mati dan juga dapat menganggu produktifitas dari tanaman tersebut.

Baca Juga :   Ketahui Ciri Kucing Yang Terkena Stres, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Lebih lanjut, selain dikenal sebagai hama tanaman, bekicot pun dapat dikonsumsi dengan kandungan proteinnya yang tergolong tinggi. Adapun dalam setiap daging bekicot mempunyai kandungan protein yang berkisar antara 60.2 persen, hal tersebut dinilai tinggi proteinnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.