Senggani, Tanaman Liar Berkhasiat Untuk Kecantikan

oleh -128 views
senggani-1024852__480
Foto : Pixabay

Panennews.com – Senggani merupakan salah satu jenis tanaman liar yang biasanya tumbuh ditempat sinar matahari dengan intensitas tinggi. Biasanya tanaman liar ini dapat tumbuh subur pada pinggiran hutan dan gunung.

Senggani mempunyai nama Ilmiah Melastoma Malabahtrium L ini masih satu famili dengan Melastomaceae dalam genus Melastoma. Adapun oleh sebagian orang meganggap tanaman liar ini berkhasiat dan dinilai bermanfaat lebih.

Secara morfologi, senggani memiliki tubuh yang tergolong kecil dengan mempunyai batang kayu berwarna coklat tumbuh berdiri tegak setinggi 1 sampai 5 meter. Daunnya tunggal bertangkai dan posisinya pun saling berhadapan serta cenderung berseling, adapun tiap seling daun senggani berwarna hijau.

Baca Juga :   Mengenal Aster, Bunga Yang Dikenal Dengan Ratusan Spesies

Selain itu, bentuk daun tersebut cenderung bulat telur sepanjang 2 sampai 20 cm, sementara bagian ujungnya meruncing dengan tepian cukup merata. Adapun masing-masing daun tersebut memiliki 3 tulang yang melengkung dengan panjang tangkainya sekitar 5 cm.

Sementara itu, daun dari tanaman senggani ini mengandung senyawa tannin dan saponin yang cukup terbilang tinggi. Biasanya dengan kandungan senyawa kimia yang terdapat dari daun tersebut oleh sebagian orang dianggap bermanfaat.

Lebih lanjut, khasiat tanaman senggani ini salah satunya dapat dijadikan bahan baku kecantikan dan pengobatan serta pengawet alami makanan. Namun, bagi kebanyakan orang menilai khasiat tanaman senggani ini dapat maksimal sebagai khasiat untuk kecantikan terlebih lagi tanaman ini dinilai tinggi kandungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.