Pohon Quandong, Tumbuhan Liar Dengan Karakter Berkhasiat

oleh -202 views
Desert Quandong Plant
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon quandong merupakan salah satu tumbuhan liar yang keberadaannya kerap ditemukan pada wilayah beriklim tropis. Pohon tersebut cukup populer sebagai flora terkenal diberbagai negara.

Pohon ini mempunyai nama Ilmiah Santalum Acuminatum spesiesnya masih tergabung dalam keluarga Santalaceae. Spesies tumbuhan tersebut pun masih tergolong dalam kelompok cendana yang diklaim oleh sebagian orang terdapat beberapa khasiat.

Secara morfologi, bentuk pohon quandong ini tampak seperti semak tinggi dan cenderung kecil. Tingginya mencapai kisaran 4 – 6 meter dengan lebarnya mencapai kisaran antara 2 – 4 meter, biasanya tingginya pun dapat berubah sesuai tempat tumbuhnya pohon tersebut.

Baca Juga :   Bawang Dayak, Tumbuhan Liar Endemik Kalimantan Berkhasiat

Selain itu, pohon ini terdapat daun seperti rimpang hingga bulat telur cenderung meruncing yang dilengkapi warna kekuningan pucat dan banyak juga yang berwarna abu. Adapun daun tersebut dapat tumbuh pada permukaan batang pendek dengan ukuran berkisar 5 – 10 mm.

Sementara itu, pohon quandong dengan usia 4 tahun lamanya dapat berbuah dan berbunga yang mempunyai aroma harum. Biasanya warna dari buah pohon ini bercorak hijau serta merah yang didalamnya terdapat sejumlah biji dan kandungan dari biji tersebut kaya akan antioksidan tinggi serta vitamin C yang lengkap.

Baca Juga :   Banyak Digemari Masyarakat, Keladi Masih Jadi Primadona Tanaman Hias

Lebih lanjut, dengan kandungannya yang tergolong tinggi pada pohon ini mempunyai banyak khasiat dan manfaatnya untuk beragam keperluan kuliner dan obat kecantikan. Adapun pohon ini oleh sebagian orang dikenal sebagai pohon berkarakter penuh khasiat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.