Pakis Haji, Tanaman Hias Dengan Tampilan Indah Yang Hampir Punah

oleh -1,196 views
istockphoto-1410028120-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pakis haji merupakan salah satu kelompok tanaman berbiji terbuka yang tergabung dalam marga tanaman pakis. Biasanya banyak orang mengenal pakis haji ini dengan sebutan adik tanaman palem, karena bentuknya cenderung mirip dengan pohon palem.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Cycas Rumphii ini terkenal dengan bentuknya yang indah. Hal tersebut kerap dijadikan tanaman hias oleh sebagian besar masyarakat.

Secara morfologi, tanaman pakis ini sangat mudah untuk dikenali dengan bentuknya sebagai daun majemuk menyirip dengan panjang yang mencapai kisaran 2,5 meter serta mempunyai 50 – 150 spesies anak daun. Adapun tanaman yang satu ini dapat berkembang biak yang mencapai tinggi kisaran 6 meter panjangnya.

Baca Juga :   Jaga Kualitas Kelapa Genjah, Kementan Sigap Tangani Hama Kumbang

Selain itu, tanaman tersebut pun mempunyai bunga berumah dua dengan sifatnya yang jantan dan betina. Biasanya ukuran bunga tersebut pun dapat mencapai kisaran 50 cm, adapun bentuk dari bunga tersebut diantaranya kerucut elips sampai berbentuk cone atau bulat telur.

Sementara itu, habitat pada tanaman ini pada daerah hutan dengan tingkat kelembaban yang cenderung tinggi. Tanaman tersebut tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung, sehingga sangat mendukung jika dijadikan tanaman hias pada taman kering.

Lebih lanjut, namun sayangnya populasi tanaman pakis haji tersebut berada pada level yang tergolong sedikit dalam pemeliharaannya. Hal ini dikarenakan populasinya cenderung menurun dengan jumlah individu dan bibitnya pun tergolong susah didapatkan. Oleh sebab itu, tanaman pakis haji ini dinilai hampir punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.