Namdur Satin, Burung Endemik Papua Yang Hampir Punah

oleh -218 views
pexels-photo-11938192
Foto : Pexels

Panennews.com – Burung namdur satin merupakan salah satu spesies burung namdur yang mempunyai daya tarik keindahannya. Dengan demikian, banyak dari kalangan masyarakat yang menjadikan burung ini sebagai burung hias.

Burung tersebut mempunyai nama Ilmiah Ptilonorhynchus Violaceus ini yang masuk kerabat dengan famili Ptilonorhyncidae. Burung ini keberadaannya terdapat 20 spesies yang tersebar pada wilayah Papua dan berbagai wilayah di Indonesia lainnya bahkan sampai negara Australia.

Secara morfologi, burung tersebut dengan yang jantan banyak mempunyai warna hitam pada bulunya, sedangkan yang betina mempunyai corak coklat dan cenderung hijau. Adapun warna burung yang jantan terlihat keburuan, sedangkan yang betina ditandai corak garis hitam pada bagian lehernya.

Baca Juga :   Madi Hijau, Spesies Burung Ahli Kamuflase Yang Terancam Punah

Selain itu, ukuran burung tersebut yaitu berkisar antara 22 – 40 cm baik yang jantan mauupun betina. Keduanya tersebut mempunyai mata cenderung bulat yang bercorak ungu kebiruan, adapun matanya sangat tajam penglihatannya pada saat memangsa lawannya.

Sementara itu, burung endemik papua ini mempunyai karakteristik yang suka mendekorasikan sarang yang berada dipohon dan habitatnya menjadi indah. Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik betina untuk berkembang biak yang pada utamanya dimusim kawin burung tersebut.

Namun, sayangnya banyak dari kalangan masyarakat yang merusak sarang burung tersebut, sehingga burung tidak bisa berkembang biak dengan sempurna dan menghasilkan spesies yang banyak lagi. Hal tersebut menjadikan burung ini hampir terancam kepunahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.