Mentaos, Jenis Pohon Besar Hutan Tropis

oleh -982 views
nature in Tiel, Holland
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Mentaos merupakan salah satu jenis pohon yang berukuran besar dengan daunnya lebat dan bercabang. Biasanya ketinggian pada pohon ini dapat mencapai berkisar antara 35 meter.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Wrightia Pubescens ini termasuk dalam genus Apocynaceae atau yang dikenal dengan tanaman bonsai besar. Biasanya keberadaan pohon besar ini dapat ditemukan pada hutan-hutan beriklim tropis.

Secara morfologi, pohon tersebut mempunyai batang berwarna coklat tua dengan panjang yang berkisar 30 meter disertai percabangannya. Batang tersebut pun cukup besar diantara pohon hutan lainnya, tekstur batangnya pun dinilai keras yang dapat juga dimanfaatkan menjadi kayu.

Baca Juga :   Stigi, Pohon Tinggi Hutan Mangrove

Selain itu, daun dari pohon ini berukuran 7 cm dengan diameter lebarnya 4 cm dan berwarna hijau terang pada daun mudanya, sedangkan daun tua berwarna hijau cenderung gelap. Daun tersebut biasanya tumbuh lebat dipercabangan batangnya maupun sejajar dengan batangnya, adapun daunnya akan gugur ketika musim kemarau.

Sementara itu, pohon ini pun terdapat putik bunga berwarna putih dengan kelopaknya yang kuning. Biasanya bunga tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai bahan baku alat kosmetik, karena bung aini mempunyai serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga :   Kecemcem, Kedondong Hutan Tropis Berkhasiat

Lebih lanjut lagi, biasanya pada musim penghujan pohon besar mentaos yang terdapat di hutan iklim tropis ini pun terdapat buah kecil yang cenderung keras dengan warna yang menarik. Namun, sayangnya buah tersebut tidak dapat dimakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.