Mengenal Bambu Duri, Dari Habitatnya Hingga Karakternya

oleh -421 views
istockphoto-1366193024-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bambu duri merupakan salah satu jenis bambu yang mempunyai bentuk tubuh dipenuhi oleh duri. Jenis bambu tersebut banyak dikenal dengan nama lain diantaranya buluh duri dan bambu ori.

Bambu ini mempunyai nama Ilmiah Bambusa Blumeana yang masih satu keluarga dengan Poeceae. Bambu tersebut pun kerap digunakan sebagai tanaman hias karena punya karakter cenderung indah dan dinilai cepat tumbuh.

Bambu duri ini banyak ditemukan habitatnya pada wilayah hutan tropis dengan ketinggian mencapai kisaran 300 meter, biasanya habitat pada bambu ini tumbuh secara baik dan subur pada lereng bukit maupun semak-semak hutan. Tanaman bambu duri pun juga tumbuh baik pada tanah yang lebih berat dan subur.

Baca Juga :   Jaga Ekosistem, KLHK Pimpin Penanaman Mangrove Di Bali

Selain itu, pada habitat aslinya di hutan tropis bambu tersebut pun dapat tumbuh tinggi subur dengan kisaran mencapai 2 – 3 meter. Batangnya pun cenderung tegak dengan kisaran tinggi 15 – 25 meter, namun ukuran tersebut hanya ditemukan pada habitat aslinya.

Sementara itu, bambu duri ini mempunyai karakter sistem perkembangannya yang cepat dan cenderung memikat. Biasanya jenis bambu yang lain dapat tumbuh hingga kisaran waktu 24 bulan lamanya, namun jenis bambu ini lebih cepat tumbuh dengan kisaran waktu hanya 14 bulan saja.

Baca Juga :   Kapolsek Benoa Serahkan Ratusan Bibit Pohon Mangrove Ke Mangrove Ranger

Lebih lanjut, pada pertumbuhannya yang cenderung cepat, bambu duri pun dipenuhi duri pada tangkainya merata. Hal tersebut menjadi karakter tersendiri bagi bambu duri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.