Tips Mudah Perawatan Sapi Bali, Agar Sehat Dan Cepat Gemuk

oleh -509 views
Sapi Bali
Foto : Dok. fapet.ipb.ac.id

Panennews.com – Sapi bali seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, merupakan salah satu jenis sapi lokal terkenal hingga ke penjuru dunia. Ciri sapi tersebut mudah dikenali dengan tubuh padat dan tanduk yang cenderung tegak.

Sapi pada umumnya termasuk sulit dalam perawatannya, namun dengan cara ini menjadikan mudah dalam perawatannya. Adapun tips mudah dalam perawatan sapi bali dengan cara pertama dengan menyiapkan kandang sapi yang bersih dan terbilang luas, hal tersebut agar sapi bali mudah dalam bergerak dan memudahkan juga dalam berkembang biaknya.

Baca Juga :   Agar Lebih Gacor, Begini Tips Dalam Merawat Burung Cendet

Selain itu, kandang pun harus selalu dibersihkan dan tidak ada pakan yang tercecer pada kandang tersebut, jika kandang kotor dan berceceran sisa-sisa pakannya, menjadikan sapi tersebut stres dalam habitatnya. Adapun selanjutnya yaitu dengan cara pemberian pakan yang mengandung gizi mineral untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sapi dengan cepat.

Pemberian pakan tersebut harus dilakukan secara teratur dengan minimal 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore dengan pakan yang mengandung konsentrat seperti rumput hijau, jerami serta ampas tahu agar cepat gemuk. Adapun pemberian minum juga dianjurkan secara teratur dengan maksimal pemberian minum 4 kali dalam sehari

Baca Juga :   Tips Mudah Mengatasi Kelinci Stres, Cocok Untuk Pemula

Sementara itu, lakukanlah vaksinasi dan pemberian obat cacing pada sapi tersebut agar terhindarnya sapi dari berbagai virus serta penyakit menular lainnya. Hal ini dilakukan agar sapi dapat menjaga kekebalan tubuh dan sapi tersebut selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.