Lamtaro, Tanaman Subur Beriklim Tropis Dengan Buahnya Mirip Petai

oleh -728 views
close up Leucaena leucocephala seeds in nature garden
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tanaman lamtaro merupakan salah satu tanaman jenis polong-polongan yang kerap tumbuh subur pada wilayah beriklim tropis. Tanaman tersebut dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan petai cina.

Tanaman ini mempunyai nama Ilmiah Leucaena Leucocephala ini kerap dijumpai saat ini pada tanah subur Indonesia. Lamtoro ini memiliki keunggulan mudah ditanam, cepat tinggi, dan produktifitasnya yang dinilai baik, biasanya pada tanaman lamtaro ini dapat dimanfaatkan sebagai pohon peneduh.

Secara morfologi, tanaman ini mempunyai tinggi pohonnya berkisar 18 meter dengan bercabang banyak dan cenderung kuat. Batang pohon tersebut keras dan tidak berukuran besar dengan dilengkapi kulit batangnya berwarna cenderung abu, juga terdapat lubang-lubang kecil pada batangnya tersebut sebagai tempat keluar masuknya karbondioksida.

Baca Juga :   Fakta Menarik Lavender, Si Bunga Cantik Warna Ungu

Selain itu, mempunyai daun yang cenderung majemuk dengan bentuknya menyirip genap perpaduan ganda sempurna, adapun bentuk daun tersebut yaitu runcing pada bagian ujungnya. Bunga pada tanaman ini berbentuk bongkol yang bertangkai panjang dan berwarna putih cenderung hijau, biasanya bunga dari tanaman ini banyak dikenal dengan sebutan cengkaruk.

Sementara itu, tanaman ini terdapat buah yang cenderung mirip petai, namun ukurannya tersebut dinilai lebih kecil dari petai pada umumnya. Jumlah biji pada buahnya pun diketahui banyak yang terdiri dari jumlah biji berkisar antara 15 – 20 biji. Adapun bentuk buahnya tersebut bulat telur dengan panjang 8 cm dan lebarnya pun 5 cm serta warna buah tersebut hijau cenderung licin mengkilap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.