Keunggulan Kapur Dolomit Untuk Berbagai Jenis Tanaman

oleh -106 views
istockphoto-1296009992-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kapur dolomit merupakan salah satu mineral yang mengandung unsur hara berupa kalium dioksida dengan kadarnya yang dinilai cukup tinggi. Sehingga kapur dolomit dapat menetralkan pH pada tanah.

Pemberian kapur dolomit pada tanah untuk tanaman dapat membantu produktivitas tanaman tersebut. Namun, ada banyak dari kita yang tidak mengetahui keunggulan dari kapur dolomit tersebut. Adapun keunggulan dari kapur dolomit diantaranya.

Menjaga Unsur Hara Dalam Tanah

Kapur dolomit yang digunakan mempunyai keunggulan salah satunya dapat menjaga unsur hara dalam tanah. Karena sifat dari kapur dolomit tersebut dapat memberikan dan dinilai mampu menetralkan pH pada tanah kering maupun dalam keadaan basah. Selain itu, dolomit jika ditaburkan pada tanah juga dapat meningkatkan unsur hara dalam tanah.

Baca Juga :   Si Masam Penyedap Masakan Belimbing Wuluh

Nutrisi Baik Untuk Tanaman

Dalam memberikan nutrisinya untuk tanaman, kapur dolomit mempunyai keunggulan hal tersebut. Kandungan kalium yang terdapat pada kapur dolomit dinilai mampu menutrisi seluruh bagian pada tanaman. Selain itu, dolomit juga dapat mengaktifkan seluruh enzim dalam tanaman sehingga dapat memberikan asupan nutrisi baik dan berlebih.

Menetralisir Senyawa Beracun

Keunggulan selanjutnya yang ada pada kapur dolomit yaitu dapat menetralkan segala sifat senyawa beracun. Kandungan hara magnesium yang terdapat pada kapur dolomit dinilai mampu mengatasi dan menetralisirkan senyawa beracun. Sementara itu, nitrogen yang terdapat dalam dolomit mampu menjaga tanah sehingga menjadi lebih baik lagi digunakan untuk tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.