Kenali Jenis Hewan Kurban, Dari Ciri Dan Usia Minimalnya

oleh -228 views
Hewan Kurban
Foto : Panen News/Amar

Panennews. com – Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha pada tahun ini akan tiba, umumnya sebagian besar umat islam merayakannya dengan cara berkurban. Kurban itu sendiri merupakan bagian dari salah satu syiar Islam yang disyariatkan dalam Alqur’an.

Hewan kurban yang dianjurkan dalam syariat Islam harus hewan ternak, biasanya jenis hewan ternak kurban harus sehat, berbobot, dan cukup usianya. Di Indonesia, jenis hewan yang akan dijadikan kurban tersebut diantaranya.

Sapi

Salah satu jenis hewan ternak tersebut biasanya paling populer digunakan dalam berkurban. Sapi ini dinilai mempunyai bobot cenderung berat dengan dagingnya pun tergolong banyak, sapi tersebut dengan ciri-cirinya berbentuk badan besar dilengkapi warna yang beragam diantaranya hitam, putih, coklat tua, coklat kemerahan, dan bercorak variasi. Adapun usia sapi yang dijadikan kurban harus berusia minimal 2 tahun lamanya.

Baca Juga :   DKPP Jepara Bergerak Periksa Kelayakan Hewan Kurban

Kerbau

Hewan jenis ini pun dinilai mempunyai ciri dan bentuk cenderung mirip dengan sapi. Meski begitu, kerbau juga tergolong masuk dalam kategori hewan kurban yang bentuk badannya pun dinilai berat dan tekstur dagingnya lezat dikonsumsi. Ciri dari kerbau mempunyai tubuh lebih pendek dari sapi, namun lebih kekar dengan dilengkapi warna cenderung gelap berupa hitam, dan coklat. Adapun usia kerbau yang akan dijadikan kurban harus melewati minimal 2 tahun.

Kambing

Jenis hewan ini paling banyak peminatnya, kambing pun sangat mudah ditemukan dan harganya pun tergolong lebih murah. Kambing mempunyai ciri bentuk badannya dinilai kecil namun kambing pun tergolong hewan yang berbobot, adapun usia kambing tersebut yang akan dijadikan kurban harus dengan usia 2 tahun.

Baca Juga :   Kementan Lakukan Pengawasan Dan Mitigasi Terhadap Hewan Kurban

Domba

Domba termasuk salah satu hewan yang masuk dalam kategori boleh dikurbankan, mempunyai ciri cenderung mirip dengan kambing namun domba tersebut meliki bulu yang lebih lebat. Adapun usia domba tersebut harus melewati dari 2 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.