Kenali Jenis Hama Pada Tanaman Karet, Begini Cara Mengatasinya

oleh -444 views
Worm on the rubber tree in the farm,caterpillar on rubber tree
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tanaman karet merupakan salah satu jenis tanaman yang keberadaannya pun dapat menghiasi hutan-hutan tropis Indonesia. Biasanya karet pun banyak digunakan sebagai bahan baku industri maupun peralatan rumah tangga lainnya.

Oleh karena itu, tanaman karet mempunyai nilai ekonomi yang tergolong tinggi sehingga banyak petani yang membudidayakannya. Dalam pembudidayaannya tanaman ini pun berkualitas dan hasilnya tidak akan mengecewakan, namun berbeda jika tanaman ini terkena hama pada dirinya yang dapat mempengaruhi hasilnya. Adapun jenis hama yang dapat menyerang tanaman karet diantaranya.

Baca Juga :   Indonesia Ajak Negara ASEAN, Jaga Kehutanan Hingga Lingkungan Bersih

Rayap

Jenis hama ini biasanya dapat menyerang tanaman karet pada bagian batangnya sehingga mengalami kerusakan parah. Selain itu, batang yang terserang dapat keropos dan mempengaruhi produktivitas tumbuh tanaman karet. Adapun cara mengatasi hama jenis rayap ini yaitu menyiram secara teratur pada bagian batangnya dengan cairan pengusir hama.

Ulet Tanah

Jenis hama yang satu ini amat lah sangat merugikan petani yang membudidayakan, karena hama ini dapat menyerang seluruh bagian pada tanaman karet. Selain itu, lebih seramnya lagi ketika ulet tanah dapat menggerogoti daun tanaman karet, tentunya hal tersebut akan menyebabkan gagal panen. Cara mengatasi hama tersebut dengan mengatur pola kebersihan tanaman.

Baca Juga :   Waspadai Jenis Hama Ini, Sering Ganggu Tanaman Kacang Tanah Hingga Rusak Dan Gagal Panen

Siput

Jenis hama tersebut biasanya dapat menyerang bagian daunnya yang tentunya dapat mempengaruhi produktivitasnya. Jenis hama ini sangat berbahaya, adapun cara mengatasinya yaitu dengan cara menyemprot bahan pupuk kimia cair pada daunnya yang dilakukan berkisar antara 2 sampai 3 hari sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.