Dukung Program Prioritas Nasional, Kemendag Wujudkan Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan

oleh -89 views
ag7wt1Ch_album_image
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan bahwa Kemendag terus berupaya mendukung program prioritas nasional. Prioritas tersebut yaitu memperkuat ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi.

Sasaran strategis Kemendag ke depan pada tahun 2023 terdiri dari mewujudkan stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan bahan pangan, mewujudkan konsumen cerdas dan pelaku usaha yang tertib serta bertanggung jawab dalam meningkatkan pasar produk.

Selain itu, Mendag Lutfi juga menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan terus memantau ketersediaan barang dan perkembangan harga kebutuhan pokok secara harian. Pemantauan dilakukan melalui sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok (SP2KP).

Baca Juga :   Dari Polman-Sulbar Mentan SYL Genjot Produksi Kedelai dengan Kemitraan

“Dibanding setelah Lebaran, terpantau harga sejumlah komoditas tercatat stabil dan mengalami penurunan,” Ungkap Mendag Lutfi dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (07/06/2022).

Adapun penurunannya, harga beras terpantau stabil berada di kisaran 10.500/kg untuk medium dan Rp12.500/kg untuk premium. Daging sapi terus turun di kisaran Rp135.000/kg dari harga tertinggi Rp149.500/kg. Penurunan ini diikuti daging ayam yang turun 8 persen menjadi Rp37.400/kg dari Rp41.500/kg. Sementara bawang putih turun 3,89 persen menjadi Rp32.100/kg dan gula pasir stabil di harga Rp14.700/kg.

Baca Juga :   Papua Youth Creative Hub Jadi Motor Penggerak Generasi Muda Kembangkan Jiwa Entrepreneurship Perikanan Budidaya

“Kemendag pun mencermati beberapa barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Komoditas tersebut di antaranya tepung terigu, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, cabai merah keriting cabai, dan merah besar”. Tegas Mendag Lutfi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.