Benarkah? Budidaya Ikan Mas Dengan Kolam Terpal Bikin Cepat Panen

oleh -195 views
istockphoto-1395923283-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Budidaya ikan mas saat ini telah menjadi sorotan bagi setiap pembudidaya ikan. Pasalnya, budidaya ikan tersebut mempunyai nilai ekonomis di pasaran dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, ikan mas juga mempunyai harga yang relatif terjangkau. Hal tersebut menjadikan ikan mas banyak dibudidayakan.

Ikan mas merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang dinilai mudah dalam budidayanya. Namun, banyak dari kalangan pembudidaya yang masih bingung dengan cara membudidayakan ikan mas. Adapun cara pertama dengan memilih kolam budidaya.

Baca Juga :   Punya Daya Saing Tinggi, KKP Dorong Peningkatan Industri Ikan Hias Endemik

Pemilihan kolam budidaya dapat dilakukan dengan kolam terpal, adapun ukuran kolam terpal tersebut berkisar 7 x 10 cm dengan kedalaman 120 meter. Setelah itu, lakukan pengeringan kolam selama 1 hari untuk memastikan bersihnya dari hama dan penyakit. Kemudian kolam tersebut di isi air hingga 30 cm.

Cara selanjutnya yaitu dengan menaburkan bibit ikan mas, bibit ikan tersebut harus unggul agar dapat berkualitas disaat panen. Biasanya bibit yang bagus mempunyai kulit tampak mulus tanpa luka dan berasal dari indukan berkualitas atau bersertifikasi. Adapun bibit tersebut ditaburkan pada kolam hingga kisaran waktu 1 bulan.

Baca Juga :   Mengenal Mola – Mola, Spesies Ikan Laut Terbesar

Selain itu, berikan pakan buatan berupa pelet dengan kadar protein merata kisaran 26 persen. Adapun pemberian pakannya dengan 5 kali dalam sehari, lalu selingkan dengan pemberian vitamin dan pembersihan secara teratur kolam tersebut. Lakukan hal tersebut hingga masa panen, biasanya ikan mas akan panen dikisaran waktu 5 bulan. Namun, dengan melakukan budidaya ini ikan mas tersebut dapat panen hingga kisaran 2 – 3 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.