Suji Hijau, Daun Dikenal Sebagai Pewarna Alami Makanan

oleh -612 views
istockphoto-1227368676-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Daun suji hijau merupakan tumbuhan perdu tahunan yang daunnya dapat dijadikan sebagai pewarna hijau alami makanan. Mempunyai nama Ilmiah Dracaena Agustifolia ini termasuk dalam famili Asparagaceae biasanya dapat disebut sebagai tumbuhan hijau.

Tanaman suji biasa ditanam pada pekarangan rumah karena bentuknya dinilai indah untuk hiasan rumah. Daun suji ini mempunyai bentuk daun yang cenderung bulat dengan dilengkapi tulang menonjol pada permukaannya. Adapun warna daun suji tersebut cenderung hijau pekat yang batangnya pun dilengkapi warna warna hijau alami.

Baca Juga :   Mengenal Tanaman Kratom, Dengan Daunnya Yang Banyak Manfaat

Selain itu, bunga majemuk suji tersusun dalam karangan mahkota bunga berwarna putih cenderung kekuningan dan terkadang dilengkapi juga warna ungu. Biasanya bunga suji dikenal juga sebagai bunga yang menyebarkan aroma wangi.

Sementara itu, daun suji berwarna hijau pekat alami biasanya banyak dari berbagai kalangan masyarakat memanfaatkan warna hijau alami tersebut sebagai campuran pewarna dalam makanan atau pun campuran warna pada kue kue tradisional. Adapun beberapa makanan yang menggunakan daun suji meliputi kue klepon, cendol, putu ayu, dan kue warna hijau lainnya.

Baca Juga :   Penebangan Hutan Secara Liar Bikin 3 Jenis Buah Ini Langka, Benarkah?

Daun suji tersebut dinilai sangat baik untuk pewarna makanan karena suji mempunyai warna alami yang tidak berbahaya bagi makanan. Selain itu, daun suji ini pun terbilang mempunyai ciri khas aroma wangi, oleh sebab itu daun suji ini banyak digunakan sebagai campuran pewarna alami pada masakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.