Mengenal 3 Jenis Beras Lokal Terpopuler Di Indonesia

oleh -77 views
istockphoto-1393065577-612x612
Foto : Pixabay

Panennews.com – Indonesia menjadi salah satu negara besar yang dikenal pada makanan pokoknya berupa nasi. Tak heran ada banyak jenis beras yang dijual dipasaran dengan masing-masing perbedaannya.

Berbagai macam jenis beras yang terdapat di Indonesia, jenis beras tersebut dapat dibedakan dengan bentuk, warna, dan aroma saat sudah diolah menjadi nasi. Selain itu, kandungan gizi dari beras pun dinilai berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut jenis-jenis beras populer dipasaran Indonesia.

Beras Putih

Beras putih berasal dari padi yang sudah dihilangkan sekam, bekatul, dan benihnya. Beras tersebut kemudian dipoles supaya tampilannya lebih cerah, proses tersebut membuat beras putih dan tahan lama. Namun, sayangnya kandungan pada beras ini banyak yang hilang, untuk itu perlu dicampur lauk pauk jika dikonsumsinya agar tetap menjaga asupan nutrisi hariannya.

Baca Juga :   Ribuan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir, Kerugian Capai Rp 35,24 M

Beras Coklat

Jenis beras yang satu ini hanya dihilangkan pada sekamnya saja dan tidak melalui proses panjang apapun, tekstur nasinya pun lebih pera. Adapun daya tahan beras tersebut tidak lama jika dibandingkan dengan beras putih. Namun, beras ini mempunyai kandungan nutrisi seperti fosfor, magnesium, dan serat.

Beras Merah

Jenis beras ini cenderung berwarna merah, adapun warna merah tersebut berasal dari kandungan antosianin dengan rasa yang cenderung mirip dengn kacang tanah. Beras tersebut mempunyai karakteristik kandungan tinggi serat dan gizi, dengan kandungan tersebut, biasanya beras merah ini cocok di konsumsi untuk memaksimalkan program diet dan baik untuk pencegahan gula darah naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.