Benarkah, Manfaat Santan Dapat Memelihara Fungsi Otak

oleh -175 views
glass-coconut-milk-put-dark-background_1150-28228
Foto ; Freepik

Panennews.com – Santan merupakan cairan putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Santan kelapa ini dapat dikelompokkan ke dalam dua kelas yaitu kental dan encer.

Santan tersebut memiliki rasa lemak yang biasa digunakan oleh sebagian orang sebagai penyedap rasa dalam berbagai campuran masakan sampai menjadi gurih. Biasanya santan diklaim oleh kebanyakan orang mempunyai zat yang membahayakan, namun santan tersebut ternyata mempunyai beberapa manfaat diantaranya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Baca Juga :   Benarkah Makan Coklat Dapat Membuat Bahagia?

Santan dipercayai mengandung asam laurat yang dapat mendukung system kekebalan tubuh. Selain itu, asam laurat tersebut mempunyai sifat antimikroba dan antiimflamasi oleh karena itu santan pun dapat dipercayai mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Memelihara Fungsi Otak

Santan terdiri dari asam lemak sedang sehingga mudah diserap oleh hati dan dapat diubah menjadi keton. Adapun keton dibutuhkan sebagai energi bagi otak. Selain itu, keton juga berfungsi bagi orang-orang yang mempunyai masalah ingatan seperti penyakit Alzheimer. Sementara itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada santan tersebut dinilai baik sebagai sumber energi otak.

Baca Juga :   Sering Diabaikan, Ini Manfaat Dari Biji Semangka

Menjaga Berat Badan

Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada santan sangat tinggi bahkan dapat melebihi susu sapi murni. Lemak tersebut dinilai lebih muda menghasilkan energi karena lemak ini langsung dibakar menjadi energi yang dapat menjaga kestabilan berat badan. Hal ini menjadikan santan mampu menjaga berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.