Banyak Yang Ga Tahu, Ternyata Ini Cara Mudah Menggemukan Sapi

oleh -92 views
pexels-photo-953966
Foto : Pexels

Panennews.com – Kebutuhan sapi dari tahun ke tahun semakin laris, hal ini dipicu oleh adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat sehingga daya beli masyarakat dinilai tergolong tinggi.

Selain itu, menjelang Idul Adha atau yang biasa disebut dengan lebaran qurban, hal ini juga menyebabkan sapi tersebut menjadi tinggi dipasaran. Hingga kini pun untuk memenuhi kebutuhan di pasaran, pemerintah melakukan impor daging sapi. Melihat kondisi tersebut, dengan beternak sapi menjadi salah satu jalan keluarnya.

Dalam beternak sapi tentunya sangat di inginkan dalam proses penggemukan yang cepat. Umumnya, menggemukan sapi tersebut bisa mencapai kisaran waktu 6 – 12 bulan, namun ternyata menggemukan sapi bisa dalam kurun waktu cepat, adapun cara tersebut sebagai berikut.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha Lalin Ternak Meningkat, Karantina Pertanian Tanjung Priok Siaga

Memberi Pakan Terbaik

Pakan alternatif sangat tidak disarankan untuk makanan pokok sapi sehari-hari. Adapun jenis pakan terbaik untuk sapi yang dapat digunakan setiap hari meliputi rumput benggala, rumput gajah, dan tanaman kaliandra. Selain itu, berikan sapi suplemen berbahan organik. Hal ini dapat mempercepat pertumbuhan sapi.

Pemberian Minum

Pemberian minum tersebut dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Adapun untuk pemberian minum pada pagi dan sore hari, air dicampur dengan vitamin khusus sapi yang dibuat langsung dari limbah padi giling sehingga badan sapi terlihat gemuk secara bertahap.

Baca Juga :   Antisipasi Penyebaran PMK Meluas, Wapres Ma’ruf Amin Imbau Distribusi Hewan Terjangkit

Peduli Kesehatan Sapi

Pastikan sapi terbebas dari segala macam jenis penyakit diantaranya cacing, mencret, dan diare. Jika sapi mengalami keluhan tersebut, segeralah periksa secara rutin pada dokter hewan terdekat. Adapun peduli kesehatan yang lainnya bisa dikerjakan dengan membersihkan secara rutin kendang sapi, hal ini dapat menyebabkan sapi sehat dan bisa gemuk dalam kurun waktu yang dinilai cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.