Bangle, Si Rempah Bumbu Dapur Dan Obat Tradisional

oleh -902 views
Thai Herb
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bangle merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang biasanya banyak ditemukan pada wilayah yang beriklim tropis. Bangle tersebut masih satu kerabat dengan jahe dan keduanya juga memiliki rasa yang cenderung mirip.

Bangle mempunyai nama Ilmiah Zingeber Purpureum Roxb ini banyak dikenal oleh sebagian masyarakat pada daerah Aceh dengan sebutan mungle. Adapun bangle ini pada daerah sunda dikenal dengan sebutan panglai.

Di Indonesia, bangle dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dengan khasiatnya sebagai obat. Hal ini meskipun rasanya cenderung tidak enak, namun bangle tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk Kesehatan. Adapun bagian bangle tersebut yang sering dimanfaatkan yaitu bagian rimpangnya,

Baca Juga :   Fakta Unik Andaliman, Tumbuhan Rempah Endemik Indonesia

Ciri tanaman bangle yaitu mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging, bentuk rimpang tersebut cenderung bundar sampai jorong serta tidak beraturan. Ketebalan rimpang bangle jika sudah siap panen berkisar antara 2 – 5 milimeter dengan dilengkapi warna kuning muda cenderung kecoklatan.

Bangle mempunyai bau khas menyengat cenderung pahit dan pedas, biasanya bangle tersebut tak jarang digunakan sebagai bumbu dapur atau pun campuran masakan lainnya. Selain itu, bangle pun dikenal sebagai obat tradisional yang dipercayai mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit yang diantaranya sebagai pereda batuk berdahak, melegakan tenggorokan, dan penurun panas.

Baca Juga :   14,9 Ton Rempah Maluku Laris Ekspor Di Pasar Belanda

Lebih lanjut lagi, bangle tersebut dipercayai dapat mengatasi rasa mules akibat sembelit pada bagian lambung dengan olahannya secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.