Tak Hanya Kayu Jati, Kayu Pohon Pinus Pun Cocok Untuk Bahan Furniture

oleh -79 views
Kayu Furniture
Foto : Pexels

Panennews.com – Pohon pinus merupakan salah satu jenis pohon hutan yang menghasilkan kayu dan mempunyai daun yang berwarna hijau sepanjang masa. Pohon pinus dianggap sebagai pohon kayu yang mempunyai karakteristik kayu lunak biasanya dapat kita temui bukan di Indonesia saja melainkan di berbagai wilayah Eropa.

Pinus ini termasuk famili dari Pinacae yang banyak sekali digunakan untuk bahan dasar furniture karena termasuk kategori kayu ringan cenderung kaku dan mempunyai warna putih kekuning kuningan dengan warna kayu terasnya cenderung coklat.

Baca Juga :   Tanam Ribuan Bibit Pohon, Cara Pemkab Semarang Jaga Kawasan Hutan

Pada umumnya, banyak kita temui bahan furniture dari kayu jati yang cenderung terkenal dengan keawetannya. Namun. Jenis kayu ini dapat diolah menjadi beberapa furniture lainnya seperti meja, lemari, kursi dan sebagainya.

Kayu pinus ini memiliki kualitas yang baik, mudah dipanen, dan struktur serat pada kayunya sangat halus sehingga mudah diolah menjadi bahan furniture dengan model yang cantik nan mempesona dengan warna memukau yang terdapat pada jenis kayu ini.

Selain itu, jenis kayu pinus ini tahan lama dan termasuk kuat. Hal ini dapat membantu meminimalkan kerusakan oleh dampak bencana alam berupa gempa, banjir, dan kejadian bencana alam lainnya.

Baca Juga :   Agar Kayu Jati Terhindar Dari Rayap, Begini Tips Mudahnya

Sementara itu, jenis kayu ini pun terbilang ramah lingkungan karena pohon pinus tumbuh dengan cepat baik di perkebunan maupun pertanian dengan sedikit dampak pada ekosistem setempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.