Perdana, Jatim Ekspor 129,7 Ton Pupuk Guano Ke Australia Senilai Rp. 838 Juta

oleh -39 views
Pupuk Guano
Foto : Balai Karantina Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian (Barantan) Surabaya memfasilitasi sertifikasi ekspor pupuk bat guano atau kotoran kelalawar dengan tujuan Australia melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih menjelaskan, berdasarkan data lalu lintas komoditas pertanian, IQFAST di wilayah kerjanya tercatat 20 ton pupuk guano berhasil diekspor ke Amerika Serikat pada tahun 2021. Sedangkan untuk tujuan ke Australia, menurutnya merupakan kali pertama.

“Untuk tujuan Australia, ini merupakan ekspor perdana dari Jawa Timur di tahun 2022.” ujar Cicik.

Baca Juga :   Budidaya Maggot, Alternatif Pakan Ayam Dari Kotorannya

Selain itu, Cicik juga menyebutkan bahwa selama kurun waktu Januari hingga Maret 2022, volume ekspor pupuk guano meningkat menjadi 152,76 ton. Menurutnya negara-negara tujuannya juga bertambah, yakni Amerika Serikat dan Australia.

Lebih lanjut, Barantan Surabaya menjelaskan bahwa jumlah ekspor pupuk guano tujuan Australia tersebut sebanyak 129,76 ton senilai Rp. 838 Juta. Barantan juga memastikan bahwa semua pupuk tersebut telah melalui pemeriksaan administrasi dan kesehatan, serta dapat dinyatakan aman dan sehat.

“Tujuannya untuk memastikan bebas dari avian influenza (AI) yang merupakan hama penyakit hewan karantina (HPHK) seperti persyaratan negara tujuan,” ujar Drh. Lesty, salah seorang dokter di Barantan Surabaya, seperti dalam keterangannya, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga :   Burung Unta, Spesies Burung Bertubuh Besar

Diketahui pupuk guano dapat meningkatkan produktivitas tanah yang kekurangan unsur hara sehingga menjadi kebutuhan beberapa negara lain.

Sementara itu, bahan baku pupuk ini dipanen di daerah Sulawesi, Maluku, Kalimantan, Papua, sebagian Sumatra, Madura dan Nusa Tenggara. Adapun Jawa Timur merupakan salah satu daerah pengolah terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.