Panen Pisang Cavendish di Ponorogo, dihadiri Wapres dan Kemendesa

oleh -36 views
kemendesa.go.id

Panennews.com- Wakil presiden Republik Indonesia Maruf Amin Bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar disela kunjungan kerja ke kabupaten Ponorogo rombongan Wakil Presiden singah di desa  Pulung, Ponorogo pada Rabu (30/3/2022).

Dalam kunjungan kerjanya Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau secara langsung panen perdana pisang cavendish di Ponorogo, Wapres Ma’ruf Amin meyakini bahwa Pisang cavendish adalah komoditas yang potensial dan merupakan peluang besar secara ekonomi maupun pengembangan para petani.

“Pasar ekspornya itu baru satu persen. Jadi peluang pasarnya masih besar sekali dan ini kita ingin di dalam mengembangkan para petani, mendorong masyarakat untuk tinggal tetap di desa karena ada daya tarik dalam pengembangan pertanian,” terang Wapres Ma’ruf Amin.

Baca Juga :   Wapres Ma’ruf Amin : Pengembangan Teknologi Harus Masuk Sampai Ke Tingkat Desa

Pisang cavendish kedepannya akan mampu dikembangkan dan menjadi  program pengembangan hortikultura berorientasi ekspor. Dinilai sebagai komoditi pisang yang jangkauan pasarnya luas baik secara domestik maupun global, program ini telah dilaksanakan di beberapa titik seperti Aceh, Bali, Lampung, dan Jawa Timur.

Tidak hanya itu, langkah yang dilaksanakan sejak tahun 2019 ini juga merupakan upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan ekstrem.

“Ini semua dalam rangka kita pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa sekaligus juga kita mengentaskan kemiskinan ya supaya kehidupan masyarakat di desa berubah dan sedikit demi sedikit kemiskinan ini kita turunkan sebab basis kemiskinan juga banyak juga di desa-desa,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam hal ini Kemendes PDTT mendukung secara penuh dengan memantau pelaksanaan program pisang cavendish. Tidak hanya itu, penyelesaian data SDGs Desa yang dipercayakan pada desa juga menjadi langkah nyata dalam pengentasan kemiskinan ekstrem.

Baca Juga :   Punya Daya Tarik Tinggi, Wapres Ungkap Koleksi Tanaman Hias Aglaonema

“Kalau kita memberi peluang yang cukup ke desa-desa untuk melakukan ikhtiyar pembangunan bahkan ekonomi maka kita harus langsung ke desa-desa dan saya yakin desa bisa menyelesaikan pekerjaannya,” jelas Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar belum lama ini.

Selain Mendes PDTT, hadir pula Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, dan Robikin Emhas, Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya, Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing M. Zulkarnain, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Noor Achmad, serta Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.