Kenali Jenis Hama Pada Tanaman Jagung Dan Begini Cara Mengatasinya

oleh -207 views
Tanaman Jagung
Foto : Freepik

Panennews.com – Hama merupakan sejenis hewan yang dapat merusak tanaman atau hasil tanaman karena aktifitas hidupnya. Demikian juga pada tanaman jagung dengan hamanya sangat beragam.

Karena mempunyai daya rusak yang tinggi, hama apapun sangat berpengaruh terhadap terhadap hasil produksi. Bahkan hal tersebut bisa menjadi salah satu dampak terjadinya gagal panen.

Hama tersebut umumnya menyerang dan merusak akar, batang, daun, dan tak jarang pun merusak buah. Maka sangat merugikan sekali apa yang diakibatkan hama tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui jenis hama dan cara mengatasinya.

Baca Juga :   Sebelum Diekspor Ke Vietnam, Ribuan Kilogram Cengkeh Diperiksa

Adapun jenis hama yang menyerang jagung meliputi jenis belalang. Hama belalang ini terbagi menjadi dua yaitu Oxya Chinensis dan Locusta, hama tersebut menyerang dengan cara memakan tanaman jagung yang masih muda. Cara mengatasi jenis

Selain itu, hama jenis lalat bibit, hama yang menyerang tunas muda pada jagung. Kerusakan akibat hama ini bisa mencapai berkisar 80 persen dan tanaman yang disering menjadi kuning, kecil, bahkan mati. Adapun cara mengatasinya dengan menjaga kebersihan lahan dan disemprot menggunakan nematisida.

Baca Juga :   Alokasi Pupuk Subsidi Tahun 2021 Bertambah

Lebih lanjut, hama jenis ulat tanah, hama ini menyerang batang dan daun muda hingga menyebabkan tanaman mati. Hama ini biasanya menyerang pada malam hari. Adapun cara mengatasinya dengan pengolahan lahan dan penyemprotan inteksida. Penyemprotan tersebut sebaiknya dilakukan pada malam hari.

Sementara itu, untuk mencegah secara keseluruhan dengan memperhatikan pengolahan lahan dan selalu menjaga kebersihan lahan agar tanaman jagung terhindar dari serangan berbagai jenis hama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.