Karakteristik Hutan Mangrove Yang Berdampak Baik Bagi Lingkungan

oleh -197 views
Hutan-Pohon-Mangrove
Foto : Dok. BIG

Panennews.com – Hutan mangrove merupakan hutan yang terdapat pada lingkungan air laut dan air tawar atau bisa disebut dengan perairan payau. Hutan ini pun kerap disebut oleh sebagian orang dengan hutan bakau, karena tumbuhan yang hidup hampir semuanya di dominasikan oleh spesies bakau.

Setiap jenis hutan tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tentunya hutan mangrove ini pun mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri seperti halnya eksosistem yang terdapat pada hutan ini.

Ekosistem hutan mangrove ini salah satunya yaitu tanah berlumpur yang sangat baik sebagai media tumbuh untuk jenis spesies mangrove di Indonesia. Adapun jenis spesies seperti Rhizopora Mucronata dan Avicennia Marina yang berkembang baik dengan tipe tanah tersebut.

Baca Juga :   Desa Wisata Lantebung Di Makassar, Sajikan Keindahan Hutan Bakau

Secara ekologis, hutan mangrove berperan sebagai mata rantai pencaharian makanan dari berbagai jenis biota laut didalamnya. Disamping itu, hutan mangrove pun dapat menjadi habitat, tempat bertelur, tempat memijah, dan tempat berkemban biak oleh jenis hewan darat seperti kera, burung dan hewan sejenisnya.

Selain itu, hutan mangrove pun mempunyai fungsi penting bagi kehidupan manusia seperti halnya sangat baik untuk pembudidayaan ikan, udang, dan biota laut lainnya dengan pembudidayaan tersebut berdampak baik juga untuk kelestarian mangrove agar lebih terjaga dan lebih indah.

Baca Juga :   Rokhim Dahuri Tanam Manggrove Bersama Kelompok Peduli Lingkungan Putri Menjangan

Sementara itu, hutan ini juga menghasilkan beberapa jenis kayu yang dinilai mempunyai kualitas baik. Biasanya kayu tersebut dimanfaatkan menjadi bahan cenderamata atau souvenir dan hutan ini pun sebagai penghasil oksigen dan penyerap gas karbondioksida yang tentunya berdampak baik bagi kesehatan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.