Jelang Lebaran komisi IV DPR RI Gelar Rapat Kerja dengan Bulog hingga Kementan

oleh -105 views
Dok: Pribadi

Panennews.com- komisi IV DPR RI bidang pangan lakukan Rapat kerja lanjutan 22 maret 2022 terkait koordinasi ketersediaan stok pangan saat Ramadhan dan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional, rapat lanjutan dilaksanakan pada tanggal 11 April 2022 di gedung Nusantara II Senayan, Jakarta

Agenda rapat selain koordinasi ketersediaan stok Pangan hingga Strategi peningkatan produksi pertanian Tahun 2022 sampai IsuIsu aktual lainnya. rapat yang dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia beserta jajaran, Direktur Perum Bulog Budi Waseso, Dirut PT RNI /IDFOOD dan perwakilan PT Pupuk Indonesia.

Dalam rapat kerja lanjutan ini komisi IV DPR RI Menyororti mengenai ketersediaan pangan menjelang lebaran, menurut  Anggia Erma Rini wakil ketua komisi IV DPR RI Sororti beberapa permasalahan salah satunya permasalahan ketersediaan Daging menjelang lebaran yang di khawatirkan secara kuantitas masih kurang meskipun telah melakukan import daging menjelang lebaran.

“Rapat kerja lanjutan ini fokus kepada ketersediaan stok pangan hingga masalah harga meskipun harga bukan domain kita namun ini menyangkut kesejateraan petani dan beberapa inventarisir program program yang mampu menyentuh kebutuhan rakyat” ungkap wakil ketua komisi IV DPR RI yang berasal dari fraksi PKB tersebut.

Baca Juga :   Komisi IV DPR RI Dukung Kementan Optimalisasi PSR Untuk Kedaulatan Pangan dan Energi

Anggia Erma Rini mengungkapkan ketersediaan bahan pokok menjelang lebaran aman meskipun kita ketahui bahwa harga minyak goreng masih mahal hingga beberapa bahan pokok secara kuantitas aman namun ketersediaan daging menjelang lebaran cukup mengkhawatirkan.

untuk daging komisi IV bersama kementan masih mencari solusi dan percepatan penyelesaiaan masalah bersama Bulog dan seluruh jajaran yang terlibat  dan untuk ketersediaan bahan pokok lainnya masih aman dan terkendali namun tadi kita juga menyoroti mengenai kenaikan PPN untuk komoditas pertanian yang dikhawatirkan akan menjadi permasalahan serius dikemudian hari yang membebankan Rakyat.

“Rapat kerja tadi kita bahas juga mengenai PPN yang naik 1 april menjadi 11%. Komisi IV DPR RI mendorong melalui kementrian Pertanian untuk menyampaikan kepada menteri keuangan RI untuk PPN khususnya di Sektor Pangan atau komoditas pertanian tidak dinaikan, karena khawatir akan terjadi peningkatan harga yang membebani masyarakat” tegas Anggia Erma Rini wakil ketua komisi IV DPR RI kepada wartawan panen news

Baca Juga :   Kementan Dorong Kerjasama Koperasi dan Atase Pertanian Pasarkan Kopi di Tingkat Global

Anggia Erma Rini menyampaikan bahwa lebaran adalah tradisi yang luarbiasa bagi kebudayaan bangsa kita maka diharapkan masyarakat untuk tidak panik atas apa yang terjadi dipasar dan kita yakini pemerintah mampu menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok dipasar.

berbeda dengan Anggia Menteri Pertanian Syahrul yasin limpo menegaskan bahwa ketersediaan Daging menjelang lebaran aman, menurutnya jika 2 faktor penunjang mengenai panggan khususnya daging pertama soal ketersediaan dan harga kementan menjamin akan aman.

“melihat pangan dan melihat daging itu adalah tentang 2 hal pertama baik kemampuan lokal, kemampuan nasional Stok yang ada dan Importasi yang ke 2 adalah stabilisasi harga . dikementan stabilitasi harga melalui itu tentang produksi dan ketersediaan yang ada saya menjamin  cukup tersedia, cukup baik dan cukup aman.” ungkap  SYL sapaan akrab Menteri Pertanian kepada Panen News dikomplek Parlemen Senayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.