Jabatan Baru Menko Luhut, Ketua Dewan SDA Nasional

oleh -98 views
Menko Luhut_12042022
Foto : Kemenmarves

Panennews.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan kini memegang jabatan baru yakni Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional.

Penunjukan jabatan tersebut tertuang dalam dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 tahun 2022 tentang Dewan SDA Nasional yang diteken oleh Presiden pada tanggal 6 April 2022.

Dewan SDA ini sendiri dibentuk sebagai wadah koordinasi tata kelola sumber daya air pada tingkat nasional.

“Dewan Sumber Daya Air Nasional yang selanjutnya disebut Dewan SDA Nasional adalah wadah koordinasi pengelolaan sumber daya air pada tingkat nasional” demikian bunyi Pasal 1 ayat 1 dalam Perpes tersebut, seperti yang dikutip, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga :   Stok Beras Untuk Natal dan Tahun Baru Aman, Mentan Syahrul: Tahun Depan Kita Siap Ekspor

Adapun, Pasal 4 ayat 1 menyebutkan bahwa Dewan SDA Nasional merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Sedangkan kedudukan dewan ini berada di Ibu Kota.

Sementara itu, untuk susunan organisasi Dewan ini, Menko Marives tak sendirian. Setidaknya sesuai dengan Pasal 6, Ketua Dewan akan didampingi dengan Wakil Ketua, Ketua Harian, Anggota, dan Sekretaris.

Lebih lanjut, untuk jabatan Ketua Dewan sendiri diterangkan dalam Pasal 7 Ayat 1 yaitu Ketua Dewan SDA Nasional dijabat oleh menteri yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi.

Baca Juga :   Serikat Tani Soroti Harga Gabah, DPD RI : Bapanas Harus Libatkan Stakeholder

Adapun, Wakil Ketua Dewan SDA Nasional dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Sementara itu, untuk Ketua Harian akan dijabat oleh seorang Menteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.