Ingin Padi Lebih Berbobot, Lakukan Hal Ini

oleh -213 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Padi yang berbobot dapat dihasilkan dari pohon-pohon padi yang sehat dan terhindar dari segala hama dan bakteri. Sehingga padi pun menjadi lebih berbobot tentunya dengan perawatan dini sebaik mungkin.

Dengan padi lebih berbobot tentunya padi tersebut akan meningkatkan pula hasil produktifitasnya dengan demikian meningkat pula keuntungan yang didapatkan para petani sehingga membantu pula pertumbuhan ekonominya

Banyak diantara petani mengharapkan padi lebih berbobot dan berisi. Namun, mungkin diantara mereka masih banyak yang belum mengetahui cara agar tanaman padi tersebut jadi lebih berbobot.

Baca Juga :   Wujudkan Swasembada Beras, Kota Malang Kembangkan Benih Padi BK 01

Adapun tahap pertama harus dilakukan agar padi lebih berbobot diantaranya dengan perlakuan benih padi untuk mengisi bulir padi yang dicampur bibit fungisida agar lebih berisi. Hal ini dilakukan agar padi terhindar dari segala macam bentuk hama dan juga jamur serta bakteri.

Selain itu, melangkah ke tahap selanjutnya dengan proses pengairan, kegiatan ini dilakukan dengan cara mengeringkan lahan terlebih dahulu dengan waktu berkisar 15 hari sebelum panen setelah itu isi lahan dengan air jernih. Hal ini dapat bermanfaat agar batang padi tidak mudah busuk sehingga dapat menghasilkan padi berisi dengan sempurna.

Baca Juga :   Kebut Optimasi Lahan, Upaya Kementan Tangani Darurat Pangan

Lebih lanjut lagi, gunakanlah fungisida dengan dilakukan secara bertahap sebanyak 2 kali diantaranya saat padi memasuki masa generatip dan dilanjutkan ketika padi menjelang penguningan. Fungisida tidak menambah bobot padi, hanya saja penggunaan tersebut dapat menghindari hama, padi, dan jamur yang tentunya dapat berpotensi merusak produktifitas padi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.