Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Kambing

oleh -442 views
Ilustrasi Pupuk Organik Foto pinterest
Ilustrasi Pupuk Organik - Foto : Pinterest

Panennews.com – Jika anda hobi bercocok tanam tentunya tidak asing lagi dengan pupuk organik yang berasal dari penguraian bahan organik di alam seperti tanaman dan hewan. Pupuk organik pun bisa berbentuk padat dan cair, tergantung pengolahannya.

Pupuk kandang termasuk dalam jenis pupuk organik padat. Adapun bahan baku dari pupuk kandang tersebut berupa kotoran dari hewan ternak seperti kambing, sapi dan ayam. Berikut ini merupakan cara membuat pupuk dari kotoran kambing.

Bahan yang diperlu disiapkan meliputi kotoran kambing, media atau tempat, arang sekam, jerami yang sudah dibentuk, dan air. Adapun untuk alat yang disediakan seperti 5 sendok makan, dedaunan apa saja secukupnya, dan 5 sendok makan gula pasir.

Baca Juga :   Cocok Untuk Hewan Kurban, Ini Keunggulan Kambing Jawa Randu

Langkah membuatnya dengan campurkan kotoran kambing dengan arang sekam pada media yang telah disiapkan lalu aduk hingga merata, taburkan jerami atau dedek kemudian buat larutan dekomposer dari campuran EM4, gula dan air, setelah itu taburkan dekomposer tersebut ke larutan kotoran hewan secukupnya. Setelah itu tutup rapat rapat mrnggunakan karung goni.

Lebih lanjut, aduk adonan pupuk tersebut dihari kedua, ketiga, dan keempat. Setelah itu pupuk dicek kembali pada hari kelima aduk hingga rata. Apabila dalam mengaduk pupuk tersebut tidak terasa panas pada tangan, itu artinya pupuk siap digunakan. Sementara itu, dalam pembuatan pupuk ini harus terhindar dari sinar matahari langsung.

Baca Juga :   Jadi Sentra Gula Nasional, DPD RI Dorong Situbondo Genjot Tanaman Tebu

Adapun manfaat dari kotoran kambing yang dijadikan sebagai bahan pupuk ini karena dapat membantu memperbaiki struktur tanah yang telah hilang dan karena kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.