Banyak Yang Ga Tahu, Ini Dia Cara Budidaya Toge Di Rumah

oleh -229 views
Tauge
Foto : Pixabay

Panennews – Tauge merupakan jenis sayuran yang kerap digunakan untuk kebutuhan masak sehari hari. Banyak sekali manfaat yang terkandung pada tauge tersebut dimulai dari menjaga kekebalan tubuh sampai meningkatkan kesuburan.

Dengan manfaat tersebut tauge menjadi banyak peminat sehingga semakin laris yang membelinya. Selain membeli, ternyata tauge pun sangat mudah dibudidaya kan sendiri terlebih lagi bisa dilakukannya di rumah dengan alat dan bahan tergolong mudah didapatkan.

Siapkan Media Tanam

Media tanam berperan penting untuk menghasilkan kualitas tauge yang terbaik. Oleh karena itu pilih lah media tanam seperti halnya menyiapkan wadah dengan penampung airnya. Selain itu, jika lahan kurang memadai, gunakan alternatif dari botol bekas atau pot yang berlubang kecil.

Baca Juga :   Komisi IV Sebut Pentingnya Edukasi Bagi Pembudidaya Ikan KJA

Pilih Benih

Cara selanjutnya yaitu pilihlah benih dengan spesifikasi yang baik. Benih tauge baik bisa dipilih dari kacang hijau maupun kacang kedelai. Adapun dari keduanya tersebut merupakan benih yang berkualitas cenderung baik.

Proses Tanam

Dengan cara ini yaitu proses tanam dengan tahap awalan seperti pembibitan. Siapkan benih yang sudah dicuci bersih lalu taburkan benih pada lahan tanam. Adapun untuk proses ini diperlukan tempat oksigen yang akan berpengaruh pada pertumbuhan tauge tersebut.

Pemeliharaan

Setelah dilakukannya proses tanam, tentunya tidak luput dengan cara pemeliharaannya. Dalam pemeliharaan tersebut pastikan dengan menyiramnya sehari dua kali hingga masa panennya dengan air yang cukup jernih dan tanpa adanya campuran bahan kimia lainnya. Lebih lanjut, media tanam ini jangan terpapar sinar matahari.

Baca Juga :   Buah Nangka, Dengan Cita Rasa Manis Menggoda

Masa Panen

Adapun masa panen tauge tersebut yaitu berkisar antara 5 – 6 hari. Lakukanlah penyortiran antara tauge yang baik dan tauge yang tidak baik. Dalam hal ini nantinya bisa diperkirakan sebagai contoh pada penanaman selanjutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.