Jeruk Daysindo Agrihorti, Si ‘Oranye’ Dengan Daya Simpan Yang Lama

oleh -119 views
Jeruk Daysindo
Dok. Kementan

Panennews.com – Mengkonsumsi buah-buahan terntunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu buah yang cukup terkenal yaitu jeruk. Siapa sih yang tak kenal dengan buah jeruk yang kayak akan vitamin C dan tentunya buah ini sebagai salah satu hidangan minuman yang sangat menyegarkan.

Lebih lanjut, jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu, di dalam buah yang satu ini juga banyak mengandung vitamin B1, folat, hingga potassium.

Kaya berbagai vitamin dan mineral ini, maka jeruk akan sangat membantu bagi kesehatan tubuh. Diantaranya dapat membantu untuk menurunkan kolesterol, melindungi jantung, hingga baik untuk sistem pencernaah tubuh kita. Oleh karenanya pengembangan varietas jeruk tentunya akan menjadi nilai tambah untuk para petani.

Baca Juga :   Mentan Dorong Kabupaten Barru Jadi Sentra Beras Nasional

Salah satu yang telah dikembangkan di tahun 2021 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian adalah jeruk keprok ‘Daysindo Agrihorti’. Melalui Keputusan Menteri Pertanian nomor 764/kpts/PV.240/D/11/2021 Kementan merilis satu jenis vaeritas jeruk tersebut.

Daysindo sendiri memiliki karekter rasa yang manis segar dengan brix mencapai 15 – 16 0. Selain itu dari tekstur nya buah ini memiliki tekstur yang halis dengan pori-pori sedang. Adapun untuk warna masak dari buah ini yaitu oranye dengan berat buahnya berkisar antara 177-280 gram.

Baca Juga :   Mentan SYL Kejar Tanam Jagung di Jeneponto

Yang membuat unik, buah ini mempunyai daya simpan sampai dengan 40-45 hari dan cukup adaptif dikembangkan di dataran tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.