Fakta Unik Ubur-ubur, Biota Laut Penyengat

oleh -178 views
ubur ubur
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ubur-ubur merupakan salah satu hewan laut yang sering kita jumpai. Terkadang, biota laut dengan nama lain jellyfish ini sering kita jumpai di area perairan laut bibir pantai. Selain memiliki banyak keunikannya tersendiri, salah satunya yaitu mampu menyengat ini juga mempunyai banyak spesies, mulai dari Cubozoa (ubur-ubur kotak) hingga Scyphozoa (ubur-ubur sejati).

Lebih lanjut, fakta unik dari hewan yang mempunyai tentakel ini yaitu hewan ini tidak memiliki tulang. Seperti yang terlihat bahwa bentuk badannya mirip payung yang seakan terbang di perairan laut. Selain itu, hewan ini juga diduga salah satu hewan purba yang sudah hidup ratusan juta tahun yang lalu.

Baca Juga :   Tinjau Tambak Udang, Menteri Trenggono Targetkan Produksinya Capai 2 Juta Ton

Selain itu, melihat bentuk tubuhnya juga, ternyata hewan laut ini juga memiliki sekitar 98 persen tubuhnya berupa air. Sehingga ubur-ubur diketahui mampu dengan cepat beradaptasi pada lingkungannya yang baru. Oleh karena itu, hal unik lainnya jika kita menaruh ubur-ubur di daratan dalam beberapa jam saja, maka tubuhnya dapat dengan menguap dan menghilang ke udara.

Untuk jenis ukuran tubuh dari ubur-ubur juga sangatlah beragam. Salah satu jenis ubur-ubur dari spesies Cyanea capilata diperkirakan dapat mencapai sekitar 36 meter dari medusa hingga pangkal tentakelnya. Waw, sangat menarik sekali bukan?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.