Domba Compass Agrinak, Hasil Persilangan Tiga Bangsa

oleh -162 views
domba compass agrinak
Dok. Balitbangtan

Panennews.com – Beternak domba merupakan salah satu pilihan bagus untuk mengembangkan bisnis peternakan. Selain menguntungkan, domba juga dikenal memiliki produktivitas yang baik dari sisi performanya. Ternak domba dapat menghasilkan daging, susu, hingga kulit dan bulu yang tentunya mempunyai nilai ekonomis.

Tentunya varietas domba dengan produktivitas yang tinggi banyak ragamnya. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah jenis domba Compass Agrinak.

Domba ini merupakan varietas domba yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan) pada tahun 2014. Varietas Compass Agrinak merupakan domba unggul hasil persilangan antara tiga bangsa. Persilangan tersebut meliputi Barbados Blackbelly 25%, Lokal Sumatera 50%, dan St. Croix 25%.

Baca Juga :   Pengembangan RPH Lombok Barat Diharapkan Jadi Sentra Ternak Nasional

Untuk pada domba ini mempunyai pola warna yang cukup beragam, mulai dari coklat, putih, hongga belang. Kelebihan dari domba persilangan ini yaitu mampu beradaptasi pada lingkungan tropis dan lembab, siklus reproduksi sepanjang tahun  dan mempunyai laju pertumbuhan yang baik (>100 g/h/e).

Selain itu, domba ini juga memiliki keunggulan produktivitas lebih tinggi dari domba lokal, Adapun domba Compass Agrinak cenderung produksi yang seragam dan stabil diwariskan kepada keturunannya.

Sementara itu, jika dilihat dari jumlah kelahitan anak mencapai 1,45. Adapun laju reproduksi induk mencapai 1,63 dengan daya hidup anak mencapai 96 persen. Untuk masa umur pubersitasnya sendiri antar 249-277 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.