Wahyu Sakti Trengono Berharap BPBAP Ujung Batee bisa Genjot Produksi Udang Nasional

oleh -8 views
kkp.co.id

Menteri Trenggono melanjutkan kunjungan kerjanya di Aceh dengan meninjau Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee, yang merupakan balai perikananan di bawah Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Menteri Trenggono menyampaikan dukungannya untuk program tambak berkelanjutan di Aceh.

Didampingi oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, Menteri Trenggono memastikan inovasi-inovasi yang dilakukan di Politeknik KP Aceh juga dapat mendukung kegiatan di BPBAP Ujung Batee, diantaranya hatchery udang vaname dan untuk menjaga komoditas lokal Indonesia, yaitu budidaya udang windu yang memiliki potensi besar di Aceh.

Baca Juga :   Mentan Lepas Ekspor Larva Kering Dari Bogor Tembus Inggris

Untuk kapasitas produksi benih udang windu yaitu sebanyak 50 juta ekor per tahun, sedangkan untuk benih udang vaname sebanyak 180 juta ekor per tahun.

Sebagai informasi, BPBAP Ujung Batee ini memiliki sejumlah pelayanan untuk masyarakat, diantaranya uji lab penyakit ikan/udang dan lingkungan, pelayanan teknis magang/PKL/penelitian, penyediaan benih ikan/udang, penyediaan induk ikan/udang, penyediaan pakan mandiri, penyediaan probiotik dan pendampingan teknis budidaya ikan/udang.

Menteri Trenggono meminta pihak Politeknik KP Aceh dan BPBAP Ujung Batee untuk mencatat jumlah pembudidaya yang ada di Aceh, komoditas unggulan, serta bagaimana hasil yang didapatkan.

Baca Juga :   KKP Himbau Nelayan Patuhi Standar Operasional Kapal Perikanan Saat Cuaca Ekstrim

“Jika memberikan bantuan kepada masyarakat, harus dipantau perkembangannya, lihat apakah usahanya berjalan dengan baik, bagaimana tingkat kesejahteraannya, jangan dilepas gitu aja setelah dibantu, itu baru tetlihat standar suksesnya, berdampak atau tidak untuk masyarakat,” tegas Menteri Trenggono.

Dalam kunjungannya setelah menghadiri Puncak Gernas BBI pagi tadi, Menteri Trenggono melanjutkan kunjungan kerjanya di Aceh didampingi oleh Anggota DPR RI, T.A. Khalid, Anggota DPD RI Aceh, Abdullah Puteh, beserta jajaran pejabat KKP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.