Punya Kucing Persia di Rumah, Ini Tips Perawatannya

oleh -21 views
Kucing Pesia
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Salah satu hewan piaraan di rumah yang cukup populer yaitu kucing persia. Jenis kucing dengan ciri bulu yang lebat ini memang terbilang cukup menggemaskan. Oleh karenanya tak jarang sebagian orang banyak yang memeliharanya. Kucing yang sering terlihat tambun ini biasanya mempunyai karakteristik manja.

Selain itu, jenis kucing dari ras Persia ini juga memiliki kecenderungan yang tidak agresif. Sehingga kucing dengan ciri hidung pesek ini cukup banyak digemari oleh anak-anak. Nah, jika memang saat ini anda memelihara kucing jenis ini, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memeliharanya. Apa saja itu, berikut cara tips merawat kucing persia di rumah.

Bulu

Kucing jenis ini mempunyi bulu yang cukup lebat. Oleh karena itu perawatan bulu nya cukup menjadi perhatian penting. Agar bulu kucing terlihat rapih dan tidak kusut, maka sisir bulu secara rutin dengan berhati-hati jangan sampai merontokan bulunya. Pilihlah dengan jenis sikat yang bermodel renggang dan tidak rapat serta berbahan logam.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Sapi Angus

Wadah Makanan

Pemilihan wadah makanan juga perlu diperhatikan. Jenis kucing ini memiliki muka yang cukup lebar dan tambun, sehingga memilih wadah yang datar cukup menjadi solusinya. Dengan muka yang cukup lebar tersebut, wadah makan sebaiknya juga memilih yang dapat mengakomodir besar wajahnya. Sebaiknya jangan memilih jenis mangkok yang cekung dan tinggi tetapi datar dan lebar.

Selain itu, wadah khusus ini juga dapat menjaga kebersihan rumah agar makanan kucing persia tersebut tidak berserakan.

Nutrisi

Nutrisi pada makanan yang diberikan juga hal lainnya yang cukup penting. Makanan seperti kandungan daging dan ayam dapat memberikan vitamin yang bagus untuk kucing tersebut. Selain itu, ikan juga cukup baik sebagai asupan makanan lainnya.

Baca Juga :   Burung Dengan Kicau yang Menarik, Burung Decu

Kebersihan

Menjaga kebersihan tempat atau kandang agar kucing tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kebersihan badannya juga patut menjadi poin utama. Salah satunya mata, mulut, bulu, maupun ekornya. Lakukan pembersihan badan ini secara teratur sehingga kucing persia dapat terjaga kesehatannya. Lebih lanjut, vaksinasi juga perlu dilakukan untuk menangkal penyakit yang ada. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk melakukan vaksinasi kucing persia tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.