Manfaatkan Hutan Sosial, Para Petani Kembangkan Vanili

oleh -4 views
humas KLHK

Panennews.com- dengan mudahnya Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan Kegiatan Restorasi Ekosistem  yang di lakukan PT. Alam Bukit Tiga Puluh yang berlokasi di Kabupaten Tebu Provinsi Jambi dengan areal Konsesi seluas 38.665 Ha. tersebut kini PT Alam Bukit Tiga Puluh  Selain melakukan Kegiatan  restorasi ekosistem, PT. Alam Bukit Tiga Puluh juga melakukan Kerja sama melalui Pola Kemitraan dengan Masyarakat/Kelompok Tani Hutan (KTH) di sekitar wilayah konsesi untuk Budidaya Hasil Hutan.

yang menarik kerjasama dan pembinaan ini di lakukan buakan untuk komoditas Kayu namun adalah komoditas yang sedang naik dan bagus harga nya di pasaran komoditas tersebut adalah tanaman Vanili. komoditas tanaman yang bisa berbuah baik di hutan ini adalah Vanili. vanili  adalah tanaman penghasil bubuk Vanili yang dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Baca Juga :   Pohon Kedoya yang Keberadaannya Semakin Langka

KTH Bersama PT. Alam Bukit Tiga Puluh sudah membangun persemaian dengan jumlah ±21.000 bibit vanili dengan jenis Vanilla Planifolia. KTH juga sudah melakukan Penanaman Vanili disela-sela tanaman gamal untuk merambat vanili. Tanaman Vanili baru berumur 3 bulan.

Pemeliharaan Vanili dengan melakukan penyiangan, pengikatan , pemangkasan tanaman gamal, pemberian Pupuk dan Pengaturan Sulur. selain itu tanaman yang berjenis tanaman Penyanggah ini bisa di manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena komoditas ini sangat di minati oleh mangsa pasar ekspor ke berbagai mancanegara

Baca Juga :   KLHK Dan Kelompok Tani Hutan Kembangkan Bahan Disinfektan Dari Asap Cair

Para Petani berharap dengan menanam Vanili ini dapat menjadi sumber penghasilan yang di harapakan dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat di sekitar bhutan konsesi yang di kelola oleh PT Alam bukit Tiga Puluh  dan para masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PT. Alam Bukit Tiga Puluh  yang mau melakukan mitra kepada mayarakat dan juga masyarakat berharap binaan dalam meningkatakan produksi melalui pembinaan SDM agar ditingkatkan Kembali karena kapasitas SDM yang unggul kedepannya masyarakat berharap dapat melakukan Pelatihan, Penyediaan Pupuk Kompos dan jika sudah panen PT Alam Bukit Tiga Puluh mampu untuk fasilitasi Pemasaran penjualan vanili.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.