Harga Telor Terus Terjun Bebas, Peternak Lakukan ini

oleh -112 views
Ilustrasi Telur
Foto : Freepik

Panennews.com – Harga telur akhir-akhir ini terus anjlok dan mengalami penurunan yang cukup drastis di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan sempat menyentuh harga Rp. 13.000 per-kilogramnya.

Mengutip dari laman situs PIHPS Nasional, harga telur per-hari ini (23/9/2021) di pasar tradisional harga terendah berada di Provinsi Jawa Timur yaitu berkisar Rp. 17.950/kg. Adapun di Sulawesi Barat berkisar Rp. 18.050/kg dan Jawa Tengah berkisar Rp.18.350/kg.

Mengutip detiknews (11/9), Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan harga telur bahkan di bawah harga pokok penjualan (HPP). Ia juga mengatakan, HPP telur maupun ayam hidup lebih tinggi dari harga jualnya.

Baca Juga :   Jelang Ramadhan, Harga Cabai Di Aceh Tembus 70 Ribu Per-kilogram

Melihat hal ini, Kementerian Pertanian juga tak tinggal diam, melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) terus berupaya melakukan stabilitasi harga telur ayam ras di tingkat peternak. Bahkan pihaknya mengusulkan kepada Kemensos untuk dapat mengintervensi program bantuan sosial untuk menggunakan komponen seperti telur dan daging.

“Hal ini demi mengupayakan stabilisasi harga telur ayam ras,” ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Kementan, Nasrullah, dalam siaran persnya, seperti di kutip pada Replublika (23/9/2021).

Baca Juga :   Ayam Kokok Balenggek, Produk Lokal yang Patut Dijaga

Maka tak heran beberapa peternak mulai mengambil inisiatif untuk menghentikan produksinya. Selain itu, sebagian peternak juga melakukan penghematan biaya operasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.