Grobogan Siap Suplai Kebutuhan Jagung Peternak

oleh -57 views
Kementan220921
Dok. Kementan

Panennews.com – Kepala Dinas Pertanian Grobogan, Sunanto menegaskan bahwa wilayahnya siap mensuplai kebutuhan jagung bagi peternak ayam petelur maupun ayam layer. Menurutnya pada bulan September dan Oktober ini produksi jagung di Kabupaten Grobogan mencapai 170 ribu ton.

“Bulan September ini luas panen ada 26 ribu hektar dengan produksi 170 ribu ton. Kalau dikonversi dengan kadar air 15-17 persen maka masih ada 120 ribu ton,” ungkapnya.

Sunanto menambahkan bahwa pada bulan Oktober nanti, luas panen mencapai 11 ribu hektar dengan produksi jagung sebesar 70 ribu ton.

“Nanti di bulan Oktober ada 70 ribu ton jagung yang kalau di konversi dengan kadar air 15-17 persen yaitu 50 ribu ton”, kata Sunanto , Rabu (22/9).

Baca Juga :   Terkenal Agresif, Ternyata Ini Penyebab Ikan Oscar Bergerak Lambat

Petani jagung pada musim tanam kali ini menurutnya sedang menikmati hasil yang bagus.

“Harga bagus di tingkat petani ini adalah perwujudan program pemulihan ekonomi nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Serelia Ditjen Tanaman Pangan Moh. Ismail Wahab menegaskan bahwa ada stok jagung hingga 2,3 juta ton di lapangan. Hal ini ditegaskan Direktur Serelia

“Kementan melakukan update data stok jagung secara reguler setiap minggunya. Bahkan ada dua unit kerja yang secara aktif melakukan, yaitu Badan Ketahanan Pangan dan Pusat Data dan Informasi Pertanian,” katanya.

Baca Juga :   Tips Budidaya Ikan Lele Agar Panen Berlimpah

Isu jagung ini menjadi ramai menurut Ismail karena ada kecenderungan pabrik pakan besar dan pengepul untuk menyimpan jagung dalam jumlah besar, mengingat adanya kekhawatiran supply jagung untuk produksi pakan terganggu, dan kondisi harga jagung pasar dunia yang juga sedang tinggi.

“Masalahnya saat ini bukan produksi, namun distribusi jagung ke peternak yang terhambat. Kami punya data stok, silahkan tanya kami bila benar ingin menyelesaikan perkara jagung peternak mandiri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.