Peringati Hari Kemerdekaan, Presiden Lepas Ekspor Pertanian ke 61 Negara secara Virtual

oleh -57 views
Presiden lepas ekspor Pangan melalui virtual dari Istana Negara Bogor
Sumber: Humas Kementan dan Sekertaris negara

Panennews.com-Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun diperingati oleh Kementerian Pertanian melalui kegiatan Merdeka Ekspor, dengan melepaskan ekspor serentak di 17 provinsi dengan tujuan ekspor ke 61 negara dengan total nilai mencapai 7 trilyun. Kegiatan merdeka ekspor ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi secara Virtual di Istana Presiden pada Sabtu (14/8).

Presiden dalam sambutannya menyampaikan dengan pelepasan ekspor ini dilakukan dalam rangka penguatan ekspor komoditas pertanian dan membangkitkan kembali kondisi ekonomi nasional ditengah pandemi covid-19. Selain itu Presiden juga memberikan apresiasi kepada para petani di Indonesia yang telah membesarkan dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Baca Juga :   Lakukan Diplomasi Teknis Virtual, Karantina Pertanian Dorong Ekspor Manggis ke Taiwan

“Saya ingin menyampaikan penghargaan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petani, peternak, pekebun, pelaku-pelaku usaha agrobisnis, dan pemangku kepentingan pertanian lainnya yang selama masa pandemi telah bekerja keras, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, tetapi juga telah berhasil meningkatkan ekspor produk-produk pertanian,” ungkap Kepala Negara.

Sementara itu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa nilai total ekspor dalam kegiatan yang bertajuk Merdeka Ekspor Pertanian Tahun 2021 tersebut mencapai Rp7,29 triliun. Sedangkan untuk komoditinya antara lain perkebunan sebesar 564,6 juta ton, tanaman pangan sebesar 4,3 juta ton, hortikultura 7,2 juta ton, peternakan 4,0 juta ton, dan beberapa komoditas lainnya.

Baca Juga :   Targetkan Ekspor Porang, Karantina Pertanian Bangkalan Gandeng Pemda Sumenep

Adapun negara tujuan ekspor ini antara lain Tiongkok, Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Inggris, Jerman, Rusia, Uni Emirat Arab, Pakistan, dan beberapa negara lain. Sedangkan untuk 17 pintu ekspor ini dilakukan serentak di 17 tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.