Kementerian Pertanian Launching Merdeka Ekspor Pertanian: 7 Hari 7 Trilyun

oleh -68 views
sumber Sekertaris Negara
Sumber : Sekertaris Negara

Panennews.com-  Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kegiatan Merdeka Ekspor yang diinisiasi Kementerian Pertanian (Kementan) pada 17 pintu utama yang tersebar di 17 Provinsi Indonesia. Menurut Presiden, kegiatan ini penting dilakukan, terlebih sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dan memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Pelepasan ekspor komoditas pertanian ini dilakukan oleh presiden secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Ekspor tersebut dilaksanakan secara serentak dari 17 pintu ekspor Indonesia dan akan dikirimkan ke 61 negara tujuan ekspor. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Merdeka Ekspor merupakan ekspose kinerja Kementerian Pertanian selama 2 tahun, khususnya dimasa pandemi sekaligus memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-76.

Baca Juga :   Indonesia Tampilkan Produk Hasil Hutan pada Expo 2020 Dubai

“Kemerdekaan yang ke-76 adalah hari kebanggan bagi sebuah bangsa besar yaitu Indonesia yang merupakan negara ke-4 terbesar di dunia, dalam kondisi covid-19 ini banyak tantangan dan rintangan yang kita hadapi dan mari bersama-sama menghadapinya untuk melawan virus ini”. Kata Mentan Syahrul Yasin Limpo .

Sementara itu untu pelepasan ekspor ini nilainya lebih dari 7 Trilyun rupiah nilai ekspor untuk 7 hari, hal ini tentu bisa terlihat dalam data BPS Semester I yakni Januari – Juni 2021, nilai ekspor mencapai Rp. 277,95 triliun atau meningkat 40,29% dibandingkan periode sama tahun 2020 yang hanya mencapai Rp. 198,13 triliun. Dengan struktur produk ekspor masing-masing adalah 91,75% hasil olahan dan 8,29 % berupa produk segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.