Menteri Trenggono Sampaikan Program Trobosan KKP melalui Peningkatan PNBP Perikanan Tangkap

oleh -40 views
Humas KKP

panennews.com- Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan peran penting blue economy pada acara International Seminar on Fish and Fisheries Sciences (ISFFS) sebagai Keynote Speaker secara daring pada Selasa (13/7). Dalam sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan ini menyampaikan saat ini KKP tengah melakukan program terobosan melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak dari sumber daya alam perikanan tangkap.

Program terobosan yang dimaksud adalah peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan nelayan dimana pengelolaan perikanan tangkap akan dilakukan dengan Kebijakan Perikanan Tangkap Terukur di setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) dalam rangka keberlanjutan sumber daya perikanan. Yang kedua adalah program pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan. Dan yang ketiga pembangunan kampung perikanan budidaya tawar, payau dan laut berbasis kearifan lokal.

Baca Juga :   Pembudidaya Di Kulon Progo Raup Cuan Dari Inovasi Budidaya Lele

“Kami sedang menyiapkan model Kebijakan Penangkapan Terukur untuk setiap WPPNRI. Kebijakan ini akan mengintegrasikan jumlah alokasi kapal yang dapat diterbitkan izinnya, membangun sentra industri di wilayah tersebut, menyiapkan manajemen pelabuhan yang bersih, tertib, aman, dan membangun fasilitas lain yang mendukung. KKP juga tengah menyiapkan model untuk penerapan Kebijakan Budidaya Terukur yang menerapkan prinsip yang hampir sama dengan Penangkapan Terukur.

Pengembangan kawasan budidaya udang (shrimp estate) sebagai contoh budidaya terukur yang terintegrasi akan dibangun dengan mencontoh model fish and shrimp farming yang dibangun di Mesir dengan memaksimalkan petambak lokal dalam prosesnya. Menteri Trenggono pun mengatakan bahwa peran akademisi menjadi bagian penting dalam penemuan teknologi serta inovasi.

Baca Juga :   Seminari Mertoyudan Sukses Manfaatkan Dukungan Budidaya Lele Sistem Bioflok Dari KKP

“Untuk itu saya minta kepada Bapak Ibu akademisi maupun pemerhati sektor kelautan dan perikanan untuk membantu memikirkan dan mendorong kemajuan teknologi bidang kelautan dan perikanan yang sedang dilakukan oleh KKP dalam rangka KKP rebound,” pungkas Menteri Trenggono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.