Menteri Pertanian Paparkan Ekspor Pertanian Mengalami Pertumbuhan

oleh -18 views
Humas Kementan

Panennews.com- Menteri Pertanian menyampaikan laporan data ekspor pertanian yang mengalami kenaikan berdasarkan laporan BPS Nilai ekspor pertanian naik sebesar 33,04% atau setara US$ 0,32 Miliar. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Margo Yuwono yang menyampaikan adanya kenaikan signifikan Nilai Tukar Petani dan Nilai Tukar Usaha Petani pada periode Oktober 2020 hingga Mei 2021. Kepala BPS menyampaikan semoga tren kenaikan ini bisa tetap terjadi kedepanya agar bisa memulihkan kondisi ekonomi nasional.

Kepala BPS juga menyampaikan daya beli petani pada bulan Mei juga mengalami kenaikan sebesar 0,44% atau setara dengan 103,29. Sedangkan untuk nilai tukar usaha petani yang naik secara konsisten sejak Oktober 2020 dan dibulan Mei 2021 menjadi 104,04 atau naik sebesar 0,48%. Hal ini juga mendapat perhatian oleh Kementerian Pertanian melalui Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan menyampaikan kenaikan ini menunjukkan bahwa program Kementan sudah berjalan sesuai koridornya dan sesuai arahan Menteri Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga :   Gratieks, Strategi Meningkatkan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Indonesia

“Kementerian Pertanian sudah menjalankan program Kredit Usaha Rakyat untuk para petani, selain itu kita juga melakukan akselerasi ekspor melalui Geratieks yang mengakomodir pelaku usaha untuk membuka peluang lapangan kerja yang bermuara pada ekspor dan kesejahteraan petani”.

Selain itu Kuntoro juga menyampaikan kenaikan ekspor pertanian ini tentu tidak lepas dari kinerja seluruh pihak dan harapannya sektor pertanian mampu menjadi solusi ditengah kondisi covid-19. Selain itu soal kebijakan dan intervensi Pemerintah dari tingkat hulu hingga hilir terus memberikan hasil positif bagi sektor pertanian dan pangan dan tentu Mentan Yasin Limpo juga mendorong kebijakan dengan terus menjaga keseimbangan intervensi program dari hulu ke hilir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.