KKP Bagikan Bantuan Paket Budidaya Ikan Sistem Bioflok Solusi Hadapi Tantangan Ketahan Pangan

oleh -7 views
KKP.co.id

Panennews.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka menjaga ketahanan pangan di masyarakat memberikan Paket bantuan budidaya ikan sistem bioflok menjadi salah satu inovasi teknologi yang diperkenalkan kepada masyarakat sebagai salah satu solusi menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan ke depan.

Koperasi Serba Usaha (KSU) Central Lele merupakan salah satu penerima paket bantuan budidaya Ikan Lele sistem bioflok pada tahun 2020 dari Desa Panji Lor, Kabupaten Situbondo. Ahmad Basri selaku Ketua KSU Central Lele telah mulai menjalankan usaha budidaya Ikan Lele sejak tahun 2010 dan merasakan manfaat yang berlipat dari usaha budidaya ikan sistem bioflok yang kini ditekuninya.

“Budidaya Ikan Lele menggunakan sistem bioflok ini merupakan teknologi yang baru bagi anggota kelompok kami, sehingga wajar apabila timbul beberapa kendala pada siklus penebaran pertama seperti masalah kualitas air hingga pertumbuhan ikan yang lambat. Namun seiring berjalan waktu dan bimbingan dari tim Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo, kami telah berhasil mengatasi kendala-kendala tersebut,” terang Basri.

Baca Juga :   Mentan SYL: Stok Beras Surplus, Tak Ada Impor dan PPN Sembako Umum

Basri menyebutkan bahwa kelompoknya mendapatkan bantuan berupa 8 unit kolam bulat berdiameter 3 meter, 24 ribu ekor benih Ikan Lele, pakan dan obat ikan, sistem aerasi, serta sarana penunjang operasional lainnya. Dari bantuan tersebut, total hasil panen perdana yang dihasilkan di KSU Central Lele mencapai 2 ton dengan nilai ekonomi yang diraup mencapai Rp26 juta.

Basri optimis dengan pengalaman dan modal yang telah didapatkan melalui bantuan pemerintah ini kelompoknya akan dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Apalagi menurut perhitungannya sistem bioflok ini menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan metode konvensional karena lebih irit dalam penggunaan air serta pakan. Untuk itu, dia memiliki rencana untuk menambah jumlah kolam bioflok dan meningkatkan padat tebar secara berkala agar keuntungan yang didapatkan oleh anggota kelompoknya dapat terus meningkat.

Baca Juga :   Pemerintah Luncurkan Program BUN500 Untuk Peningkatan Produksi Perkebunan

“Harapan kami agar pemerintah dapat terus hadir bagi masyarakat melalui berbagai program bantuan, sosialisasi maupun penyuluhan sehingga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal” tutup Basri.

Paket bantuan budidaya ikan sistem bioflok merupakan program prioritas dari KKP yang diharapkan dapat menjadi salah satu pengungkit ekonomi masyarakat khususnya pembudidaya. Selain memastikan produksi terus berjalan, hasil produk perikanan yang dihasilkan menjadi sumber protein bergizi tinggi dengan harga terjangkau yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.