, ,

Rokhmin Dahuri Paparkan Strategi Produksi Udang Udang 2 Juta Ton

oleh -103 views
Rokhmin Dahuri dan Rektor Universitas padjajaran bandung
Data Panen news.com

Panennews.com- Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) mengadakan Shrimp Talk bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Padjajaran,  sebagai wujud mendudukung Panuh Kebijakan Menteri Kelautan dan perikanan acara ini di inisiasikan dan di dukung penuh Oleh Kementrian KKP dengan dukungan tersebut menteri Kelautan dan Perikanan RI, Wahyu Sakti Trenggono Turut Hadir dan mengisi Sebagai Pengantar acara seminar tersebut , Pada Senin (14/6). Bertempat di Paska Sarjana Universitas Padjajaran Bandung.

Hadir dalam acara ini Ketua Masyarakat Aquakultur Indonesia  Prof. Rokhmin Dahuri yang juga menjabat sebagai Guru Besar IPB, dan Penasehat menteri KKP  beliau menyampaikan Apresiasi yang tinggi terhadap Fokus Kementrian yang pernah dipimpinnya sebagai wujud memajukan perkonomian dan kemajuan di Bidang perikanan Budidaya . dalam hal yang baik ini Rokhmin Dahuri sampaikan strategi untuk mencapai volume produksi udang budidaya 2 juta ton dan 250% guna meningkatkan nilai ekspor udang pada tahun 2024.

Baca Juga :   Rokhmin Dahuri beberkan Strategi Pembangunan Masyarakat Pesisir PPU menyambut IKN Baru

“Saya tetap berkeyakinan bahwa jalan menuju 2juta ton itu bisa dicapai melalui revitalisasi dan juga pembukaan tambak baru, kenapa pembukaan tambak baru itu penting, karena saya keliling daerah kalau berbicara bidang perikanan budidaya salah satu driver yang cepat adalah udang”. Ungkap Menteri KKP 2001-2004 tersebut.

menurut Rokhmin dahuri Sebagai Guru Besar Institute Pertanian Bogor yang fokus terhadap Isu isu kelutan Dan Ekonomi Kerakyatan ini perlu strategi yang Baika dalam upaya pembangunan untuk mencapai revitalisasi dan ekstensifikasi setidaknya membutuhkan 4 poin antara lain.

Pertama, program revitalisasi dan ekstensifikasi harus sesuai dengan RT RT yang benar dan Sah.

Kedua, intensitas budidaya udang tidak melampaui daya dukung lingkungan pada tingkat mikro maupun tingkat kawasan.

Ketiga, program ekstensifikasi harus diluar lahan mangrove dan dilaksanakan secara ramah lingkungan.

Baca Juga :   KKP Kembangkan Teknologi Fotobioreaktor untuk Produksi Massal Mikroalga

Keempat, program revitalisasi dan ekstensifikasi harua menerapkan antara lain economy of scale, integrated supply and value chain, management system, best aquaqulture practics dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dengan 4 point Diatas Rokhmin Dahuri yakin Bahwa 2 juta Ton Produktifitas dan meningkatnya 250% Produksi akan mudah terukur dan tercapai sehingga dapat mendongkrak Perekonomian dan yang terpenting Petani Budidaya Udang masyarakat Sejatera Pungkasnya.

Selain Rokhmin Dahuri Rektor Universitas Padjajaran Bandung menyampaikan Apresiasi yang tinggi terhadap upaya dan target yang ditetapkan oleh kementrian kelautan dan perikanan serta Universitas padjajaran sebagai lembaga pendidikan telah menyampaikan kesiapan bekerjasama dan  bersinergi mewujudkan Kesejahteraan masyarakat dengan terobosan yang di rasa baik dan Unpad akan siap menjadi media analisis dan riset serta siap menyumbangkan SDM dari mahasiswa untuk menwujudkan target yang baik untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.