, , ,

Porang Komoditas Unggulan Pertanian Masa Depan

oleh -6 views
Humas Kementan

Panennews.com- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau kebun porang milik Kelompok Tani Semangat Millenial binaan petani milenial, Syaharuddin Alrif di Desa Talumae, Kecamatan Watan Sidenreng, Kabupaten Sidrap, pada Sabtu (5/06).

Mentan SYL menyampaikan Porang ini masuk super prioritas pertanian. Porang ini masa depan nanti bisa dilihat hasil pengembangannya dalam 3 bulan lagi agar ini lebih kuat.

Perlu diketahui, produksi komoditas porang sebanyak 80 hingga 85 % dihasilkan dalam bentuk chips untuk di ekspor, sedangkan 10 hingga 15 % untuk konsumsi dalam negeri dalam bentuk beras porang maupun mie porang. Selain pengolahan pascapanen menjadi beras Porang dan mie, komoditas porang mempunyai 21 produk turunan dalam bentuk makanan lainnya, kosmetik, industri dan yang lainnya.

Baca Juga :   Kopi Jenderal Ala Buwas, Kopi Nusantara Yang Mengangkat Petani Lokal

Menurut SYL, upaya memajukan komoditas porang hingga menghasilkan kualitas ekspor yang bagus, melibatkan peran lintas kementerian. Kementan di sisi pengembangan budidaya dan produksinya, sinergitas yang dilakukan oleh lembaga lainnya dilaksanakan seperti dari Kementerian Perindustrian yang membina industri pengolahan, sedangkan pasar dan ekspor oleh Kementerian Perdagangan.

Pada kunjungan di Kabupaten Sidrap ini, Mentan Syahrul juga meninjau rice milling unit yang berada di Kabupaten Sidrap. Tidak hanya itu, Mentan juga sekaligus melepas truk mobil beras yang akan didistribusikan ke Kupang.

Komentar

No More Posts Available.

No more pages to load.