Menteri KKP Dorong Peningkatan Produktivitas Sektor Perikanan di Kota Tual, Maluku

oleh -63 views
KKP 30062021
Dok. KKP

Panennews.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendorong peningkatan produktivitas perikanan tangkap dan perikanan budidaya di Kota Tual, Maluku. Dukungan sarana dan prasana, teknologi, hingga kebijakan akan diberikan untuk mendorong Tual menjadi salah satu kawasan perikanan terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Menteri Trenggono kembali melakukan kunjungan kerja di Provinsi Maluku. Setelah pekan lalu mengunjungi Saumlaki dan Ambon, kali ini Menteri Trenggono meninjau Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual di Kota Tual, Selasa (29/6/2021).

Didampingi Wali Kota Tual Adam Rahayaan dan sejumlah pejabat eselon 1 lingkup KKP, Menteri Trenggono berdialog serta melihat langsung hasil produksi para nelayan dan pembudidaya. Termasuk meninjau kapal-kapal ukuran besar yang sudah lama tidak beroperasi.

“Sesuai yang saya bayangkan, Tual ini bisa menjadi pusat ekonomi, bursa perikanan dunia. Harapan saya begitu. Satu di sini, kemudian di Ambon dan Bitung kita akan hidupkan (sektor perikanannya),” ungkap Menteri Trenggono.

Baca Juga :   Regulasi Penangkapan Ikan Terukur Ditunda, Rugikan Nelayan, DKP NTB Minta Dikaji Ulang

Tual memiliki posisi strategis dalam mendukung program nasional menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Selain sudah ada Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual di bawah naungan KKP, terdapat pelabuhan swasta yang perannya dapat dikolaborasikan untuk melayani kapal-kapal penangkap yang selama ini beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 714 dan 718.

Volume pendaratan ikan di PPN Tual tahun lalu mencapai 2.153 ton dengan nilai produksi Rp31,78 miliar. Sedangkan jumlah kunjungan kapal perikanan dalam setahun lalu hampir 800 kali, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 500an kali.

Menteri Trenggono menambahkan, untuk mengoptimalkan peran PPN Tual dalam mendorong peningkatan produksi perikanan di Maluku, pihaknya akan melakukan perbaikan dan pembangunan sejumlah fasilitas. Seperti dermaga, kantor pelayanan terpadu, hingga pabrik es. Melalui langkah tersebut, targetnya ekspor perikanan bisa dilakukan langsung dari Tual ke negara tujuan.

Baca Juga :   Genjot Produksi, Blora Sediakan Bibit Ikan Air Tawar Ke Masyarakatnya

Selain subsektor perikanan tangkap, potensi perikanan budidaya di Kota Tual juga besar. Menurut data pemda, beberapa komoditas budidaya yang saat ini dikembangkan meliputi rumput laut, kerapu, dan terbaru budidaya pembenihan teripang. Untuk volume yang terbesar rumput laut, dimana tahun lalu produksinya mencapai 7.800 ton dalam bentuk rumput laut basah.

Dukungan yang akan diberikan KKP, kata Menteri Trenggono, mulai dari pendampingan oleh tim unit pelaksana teknis (UPT) yang ada di Ambon dan Tual, hingga teknologi budidaya. Seperti teknologi kultur jaringan untuk peningkatkan volume dan kualitas produksi budidaya rumput laut.

“Yang pasti kita akan mendorong produktivitas nelayan dan pembudidaya lokal. Karena kita harapkan ekonomi masyarakat juga tumbuh dari sektor ini,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Tual, Menteri Trenggono juga melihat aktivitas bongkar ikan di pelabuhan dan meninjau pabrik pengolahan ikan teri milik masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.