Provinsi Maluku Akhirnya Kembali Ekspor Biji Pala Setelah 21 Tahun Terhenti

oleh -131 views
sumber : beritabeta

Panennews.com- Setelah berhenti selama 21 tahun akhirnya Provinsi Maluku kembali ekspor komoditi rempah yaitu biji pala, kegiatan ekspor ini dilakukan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Karsul Selang didampingi Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku Erwin Situmorang pada Selasa (30/3). Biji pala sebanyak 28 ton dan dikemas dalam satu kontainer dengan kapasitas 400 feet dengan negara tujuan ekspor China.

Selain itu, turut hadir dalam pelepasan ekpsor Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano dan tim percepatan ekspor Maluku. Sementara itu Sekretaris Provinsi Maluku Kasrul menyampaikan bahwa ekspor ini termasuk perdana dilakukan setelah Maluku dilanda konflik pada tahun 1999.

Baca Juga :   Singapura Siap Buka Impor Karkas Babi Dari Pulau Bulan

“Ekspor ini dilakukan tidak lain karena usaha kerja tim ekpsor dan niat baik dari pak riki dan pak retra (eksportir) Maluku, karena selama ini beliau bekerja bawa ke Surabaya dan selain itu juga karena bantuan dari tim ekpsor kita sudah canangkan bahwa kita akan ekspor dari Ambon”. Kata Sekretaris Provinsi Maluku Kasrul.
Sementara itu biji pala sebanyak 28 ton yang diekspor ini senilai 215 juta dolar Amerika. Namun yang menjadi persoalan selama ini ada di Ambon yaitu ketersediaan laboratorium uji aflatoksin atau yamur yang belum pernah ada di Ambon. Kasrul juga menambahkan bahwa negara-negara tujuan ekspor ini juga memiliki standar-standar yang harus dipenuhi yaitu uji aflatoksin dan hal ini harus disiapkan oleh pemerintah.

Baca Juga :   HPS ke 41, FAO Apresiasi Capaian Pembagunan Pertanian di Masa Covid 19

“Kami juga mendorong agar para petani dan pengusaha di Maluku dapat mengekspor langsung hasil bumi yang dihasilkan mereka, dan kami mendukung ekspor di Maluku bisa berjalan denan baik karena hal ini akan berdampak langsung terhadap perekonomian di Maluku ”.

Sementara itu Eksportir pala Ricki Wong dari PT Subuh Anugerah Indonesia (SAI) terus memastikan pihaknya akan mendukung upaya ekspor komoditi pala dari Ambon agar bisa berjalan dengan lancar dan kedepannya bisa menargetkan setiap bulanya ada ekspor pala dari Ambon, dengan ekspor dari Ambin maka daerah lain juga akan mendapatkan keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.