,

KKP Selamatkan 1,3 Juta Benih Lobster Rp 209 M dari Penyelundupan

oleh -71 views
sumber : Kumparan

Panennews.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, & Hasil Perikanan (BKIPM) berhasil melaporkan 35 kasus upaya penyelundupan berbagai sumber daya ikan (SDI) periode 25 Desember 2020 hingga 14 April 2021. Nilai SDI yang diselamatkan diperkirakan mencapai Rp 210.082.424.850.

Benih Bening Lobster (BBL) menjadi komoditas yang paling banyak diselamatkan. Dari 18 kasus, ada 1.398.618 ekor BBL yang mau diselundupkan dan nilainya diperkirakan mencapai Rp 209.803.000.000.

Selanjutnya ada kepiting, arwana, ikan hidup, karang hias, lobster bertelur, dan produk olahan hasil perikanan.

Baca Juga :   KKP Kedepankan Restorative Justice, KKP Sinergi Pengawasan SDA Perikanan

Kepala BKIPM KKP Rina memaparkan memaparkan berbagai modus baru upaya penyelundupan hasil laut Indonesia tersebut. Salah satunya dimasukkan dalam aneka sayuran sebagai media benih lobster.

“Itu yang gambar dua dari bawah, kemarin penyelundupan di Cengkareng pakai kantung dengan aneka sayuran. Izinnya sayuran dari Kementerian Pertanian, tapi isinya benih lobster,” ujarnya dalam jumpa pers di Gedung Mina Bahari IV, KKP, Jakarta, Kamis (15/4).

Ia menjelaskan pengungkapan kasus ini lebih banyak merupakan hasil koordinasi dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah hingga kepolisian. Penyelamatan ini juga merupakan instruksi dari Menteri KP yang saat ini melarang benih lobster.

Baca Juga :   KKP Gandeng TNI AL Berantas Penyelundupan Benur

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Muryadi menjelaskan solusi dari dilarangnya ekspor benih lobster ialah budidaya di dalam negeri.

“Sekarang lagi dirancang RPM-nya. Selain itu, supaya dapat meningkatkan PNBP yang paling banter tahun lalu Rp 600 miliar. Sekarang ditarget pecah telur oleh Menteri Trenggono Rp 1 triliun dari perikanan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.