KKP jadi Penggerak Ekonomi di Pesisir Cianjur Melalui Tambak Udang Berkelanjutan

oleh -48 views
ciamjur topamng budidaya udang dengan KKP
data KKP

Panennews.com-, Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Perum Perhutani sebagai pemilik lahan Percontohan tambak udang berkelanjutan di Kabupaten Cianjur Jawa Barat mendapat banyak apresiasi. Ahmad Hidayat selaku wakil ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) menyampaikan berkat pengawalan dari Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, usaha ini bisa menghasilkan udang vaname sesuai target, awalnya lahan non produktif tersebut masih 0 persen belum tercetak lahan tambak udang dan sampai akhirnya beroperasi dengan masa pemeliharaan 110 hari.

“Kami berhasil panen perdana udang vaname sebanyak kurang lebih 30 ton senilai kurang lebih Rp2 miliar, Alhamdulillah ini menjadi sumber pendapatan kami di LMDH, apalagi situasinya masih pandemi seperti sekarang ini”.papar Ahmad Hidayat selaku wakil ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam keterangannya.

Baca Juga :   2021, Dirjen Pengeloaan Ruang Laut KKP Targetkan 800 Ribu Hektar Kawasan Konservasi Perairan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto saat mengunjungi tambak udang berkelanjutan di Cidaun beberapa waktu lalu mengatakan sangat apresiasi dengan hasil panen yang diperoleh bisa sesuai dengan target yang diinginkan yakni bisa mencapai sekitar 30 ton serta panen totalnya bisa berhasil mencapai sekitar size 45 selama masa pemeliharaan  110 hari dengan padat tebar sebanyak 100 ekor per m2.

“Saya berharap LMDH di Cidaun ini nantinya bisa berhasil secara mandiri dan berkelanjutan dalam budidaya tambak udang serta dapat meluas ke LMDH lainnya yang berada di Kabupaten Cianjur ini. Selain itu untuk merebut pasar ekspor yakni produktivitas terjamin dan daya saing produk yang tinggi. Oleh karenanya, saya juga menghimbau untuk selalu konsisten menerapkan kaidah kaidah Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB),” jelas Slamet.

Baca Juga :   Fakta Unik Manfish, Ikan Hias Bidadari Air Tawar

Potensi yang dimiliki Kabupaten Cianjur sendiri luar biasa dan berpeluang menjadi daerah penghasil udang vaname. Hal ini didukung ketersediaan lahan dan juga kondisi alam yang cocok untuk aktivitas budidaya tambak udang. Informasi yang diperoleh dari Pemerintah Daerah Cianjur menyebut potensi lahan yang tersedia untuk budidaya tambak sekitar 110 hektare.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.