KKP Berikan Modal dan Sembako Bagi Nelayan Natuna

oleh -6 views
sumber : Humas KKP

Panennews.com-, kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan beberapa bantuan kepada nelayan Natuna berupa pinjaman modal usaha dan paket sembako. Hal ini dilakukan dalam rangka mendorong aktivitas masyarakat ditengah kondisi Covid-19.

Adapun bantuan berupa pinjaman modal usaha yang disalurkan oleh KKP sebesar Rp 1,345 miliar untuk 5 pelaku usaha yang ada di Kabupaten Natuna. Sedangkan untuk bantuan sembako mencapai 500 paket.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono serta didampingi Plt Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini saat menemui penerima bantuan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu di Selat Lampa pada Jumat pada (23/4).

Baca Juga :   Puluhan Ribu Benih Lobster di Banyuwangi dilepasliarkan oleh KKP

“Kami mendorong pelaku usaha memanfaatkan pinjaman modal tersebut sebaik mungkin sehingga usaha yang digeluti bisa berkembang dan semoga usaha yang digeluti semakin sukses. Kami di KKP akan mendukung penuh masyarakat perikanan untuk terus produktif,” ujar Menteri Trenggono.

Sementara itu, menurut Fredy salah satu penerima bantuan modal mengaku dana Rp95 juta yang didapat akan dipakai untuk membayar pembelian kapal 3 GT serta modal usaha berjualan ikan. Selama ini, dia melakoni perkejaan sebagai nelayan sekaligus pedagang ikan keliling.

“Ikan yang saya jual ya ikan hasil tangkapan saya sendiri. Saya mancing. Uang pinjaman ini akan saya pakai untuk bayar kapal,” ujarnya.

Baca Juga :   Tabanan Miliki Potensi Budidaya Benih Bening Lobster

Sementara itu, kedatangan Menteri Trenggono selain untuk berdialog dengan nelayan dan pelaku usaha perikanan juga untuk meninjau SKPT Natuna yang diresmikan pada Oktober 2019 tersebut.  Menurutnya, pembangunan SKPT yang telah rampung dan telah operasional ini perlu dikembangkan lebih optimal. Sehingga tidak hanya infrastuktur saja yang ada, namun aktivitas kelautan dan perikanannya bisa lebih ramai.

Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna merupakan bukti komitmen pemerintah untuk mengembangkan daerah perbatasan menjadi pusat perekonomian baru. Selain untuk menjaga kedaulatan bangsa, SKPT juga menjadi upaya KKP untuk memberdayakan nelayan di perbatasan.

Komentar

No More Posts Available.

No more pages to load.